Ini Kata AISMOLI Soal Standar Safety untuk Pemadaman Baterai Motor Listrik Lithium yang Terbakar

Galih Setiadi - Rabu, 29 November 2023 | 10:05 WIB
Istimewa via Tribunnews.com
Foto ilustrasi pemadaman baterai motor listrik yang terbakar. AISMOLI memberikan penjelasan.

MOTOR Plus-online.com - Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) beri penjelasan soal standar keamanan untuk pemadaman baterai motor listrik dengan tipe lithium yang terbakar.

Pihaknya akan melakukan presentasi lewat pameran motor listrik Inabuyer EV Expo 2023 yang bertempat di Gedung Smesco, Jakarta.

Ketua Umum AISMOLI, Budi Setiyadi bilang presentasi tersebut dilaksanakan hari ini, Rabu (29/11/2023).

"Saya dari AISMOLI akan menggandeng Asosiasi Pemadam Kebakaran (ASPARI), kemarin bersatu kepada kita, dia akan presentasi, kita harapkan di dalam Battery Management System (BMS) sudah ada unsur pemadam kebakarannya," jelas Budi usai opening pameran motor listrik tersebut, Selasa (28/11/2023).

"Jadi kalau kebakar, bisa langsung secara otomatis bisa memadamkan. Besok ada pemaparannya dari mereka. Teknologinya kan masih Research and Development (RnD) ya," lanjutnya.

Sebelumnya, Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan ada beberapa proses untuk memadamkan.

"Jujur saja belum memiliki alat pemadam kebakaran untuk lithium, Tesla juga belum (punya). Jadi di beberapa negara ketika terjadi kebakaran kendaraan listrik itu dimasukan ke kolam air. Karena sulit dipadamkan, ada proses berantai," terangnya dikutip dari GridOto.com.

Maka dari itu, Ahmad Wildan menuturkan setiap kendaraan yang menggunakan tenaga listrik harus diberikan pelatihan.

Baca Juga: Meledak dan Terbakar Terjadi Pada Baterai Motor Listrik Akibat Cara Berkendara Ketahui Sebabnya

"Dilatihkan terhadap semua petugas. Sehingga saat terjadi kecelakaan itu penanganan nya jelas. Jangan sampai mobil listrik sudah terlalu banyak kita tidak memiliki emergency response," tuturnya.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular