Fitur ABS Buat Motor Wajib di Beberapa Negara Demi Tekan Angka Kecelakaan, Indonesia Menyusul?

Galih Setiadi - Rabu, 6 Desember 2023 | 16:15 WIB
Rizky/Otomotif
Sistem pengereman ABS motor diwajibkan di sejumlah negara.

MOTOR Plus-online.com - Jadi salah satu fitur keselamatan, Antilock Braking System atau ABS harus ada pada pengereman kendaraan roda dua seperti motor diimplementasikan di sejumlah negara, Indonesia kapan nih?

Bukan cuma sekadar biar terlihat canggih, sistem pengereman motor yang dilengkapi dengan fitur ABS memberikan kendali yang lebih optimal bagi para pengendara.

Bahkan, saking pentingnya ABS, beberapa negara pun sudah mewajibkan penggunaan fitur tersebut.

Misalnya saja Inggris dan Kanada, atau yang terdekat dari Indonesia seperti Thailand dan Malaysia sudah mewajibkannya.

Pentingnya teknologi keselamatan tersebut dijelaskan Technical Committee ASEAN NCAP, Adrianto Wiyono.

"Penting untuk menyadari bahwa faktor human error tidak dapat dihilangkan sepenuhnya dalam sebuah kejadian kecelakaan lalu lintas. Kesadaran ini menjadi kunci untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif, " jelas Adrianto Wiyono dalam keterangan resmi.

Menurutnya, sistem pengereman ABS berperan krusial dalam menanggulangi faktor kesalahan manusia.

"Teknologi keselamatan dalam berkendara, seperti sistem pengereman anti-lock braking system atau ABS, berperan krusial dalam menanggulangi faktor kesalahan manusia," katanya dalam acara 'International Training Safety Riding', Minggu (3/12/2023).

Baca Juga: Muncul Petisi Rem ABS Mau Diwajibkan, Bikin Harga Motor Makin Mahal

"ABS mampu mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak dan menjaga stabilitas sepeda motor sehingga potensi kecelakaan dapat dihindari," lanjutnya.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.