Cuaca Ekstrem Akan Terjadi di DKI Jakarta Menurut Prediksi BMKG, Pemotor Wajib Waspada

Ardhana Adwitiya - Jumat, 8 Desember 2023 | 11:11 WIB
KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi cuaca ekstrem.

MOTOR Plus-online.com - Pemotor harus tahu prediksi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Baru-baru ini BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah, termasuk DKI Jakarta.

Adapun cuaca ekstrem diramalkan terjadi pada 8-9 Desember 2023.

BMKG menjelaskan, cuaca kurang bersahabat tersebut dapat berupa hujan lebat, petir yang disertai kilat, dan angin kencang.

Hal ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik yang terdeteksi di Laut Cina Selatan dan Laut Flores yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Konvergensi tersebut kemudian memanjang di Laut Cina Selatan, dari Selat Karimata hingga Laut Natuna, dari Sulawesi Tenggara hingga Laut Maluku, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Sulawesi, Laut Sulu, dan Laut Halmahera.

Selain itu, daerah konvergensi lainnya yang juga turun memanjang yakni Selat Karimata hingga Sumatera Utara, dari Sumatera Utara hingga Riau, dari Kalimantan Tengah hingga Selat Makassar, dari Laut Sulu hingga Laut Sulawesi, dari Laut Seram hingga Laut banda, dan dari Papua hingga Laut Aru.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut," tulis BMKG dalam laman resminya.

Baca Juga: Pemotor Waspada Cuaca Ekstrem Selama Mudik Lebaran 2023, Dijelaskan Langsung Pihak BMKG

Berikut sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi alami cuaca ekstrem berupa hujan lebat, petir, dan angin kencang.

Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular