Pakar Menjelaskan Efeknya Anti Karat Saat Motor Menerobos Banjir

Didit Abdillah - Sabtu, 16 Desember 2023 | 08:12 WIB
Wahana Honda
Ilustrasi motor menerobos banjir

MOTOR Plus-Online.com - Curah hujan semakin tinggi di beberapa kota di Indonesia yang membuat beberapa titik banjir di jalanan. 

Tak sedikit pemotor yang menerobos banjir guna mempercepat waktu tempuh, dibandingkan harus menepi menunggu hujan reda. 

Beberapa bulan lalu juga sempat ramai penggunaan cairan anti karat, khususnya pada motor Honda yang menggunakan rangka eSAF. 

Tak pelak apakah ada efeknya jika rangka motor yang sudah menggunakan cairan anti karat menerobos banjir?

"Dengan penggunaan cairan anti karat ini tentu saja memberikan efek perlindungan yang baik untuk rangka motor, baik itu saat hujan dan terkena banjir," ujar Muhammad Rizki Elrivany selaku Head of SCT Motodetailing.

DAB/MOTOR Plus
Pelapisan cairan anti karat pada rangka motor.

"Yang namanya material logam, pasti kelak akan mengalami karat jika terkena hujan dan banjir terus menerus juga menimbulkan korosi," lanjutnya. 

"Namun dengan penggunaan anti karat, maka bisa membuat umurnya menjadi lebih panjang dan tidak mudah korosi efek terkena air hujan dari genangan banjir," Rizki menambahkan. 

Jika ingin usia motor lebih panjang pasca menggunakan anti karat, maka motor memang harus rajin dicuci. 

Endapan air hujan dan debu yang tertinggal bisa mengurangi efek anti karat, sehingga tentu saja karat akan muncul dalam jangka waktu tertentu. 

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular