Polisi di Bandung Musnahkan 11.230 Knalpot Bising. Bikin Geng Motor Gemetar

Didit Abdillah - Selasa, 9 Januari 2024 | 13:07 WIB
Kompas.com
Tercatat 11.230 knalpot brong di Bandung dimusnahkan pihak kepolisian untuk menjaga ketertiban dan ketenangan Kota Bandung.

MOTOR Plus-Online.com - Polrestabes Kota Bandung dalam menertibkan razia knalpot memang tidak setengah-setengah. 

Knalpot bising banyak digunakan pemotor yang identik dengan komunitas geng motor yang membuat keresahan dan ketidak nyamanan masyarakat. 

Sepanjang tahun 2023 dari bulan Januari sampai Desember, Polrestabes Kota Bandung berhasil mengumpulkan 11.230 buah knalpot bising

Hingga akhirnya dimusnakhkan dengan cara digerinda pada (8/1) secara menyeluruh sebagai bentuk protes dan melawan kebisingan dari pemotor tidak bertanggung jawab. 

Kepala Polrestabes Bandung Kombes Budi Sartono menjelaskan ajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) telah mendeklarasikan 'Anti Knalpot Bising' di Kota Bandung.

Deklarasi ini antara lain karena adanya keluhan masyarakat Kota Bandung atas gangguan kebisingan dari knalpot motor non-standar semacam itu.

Penindakan yang dilakukan Satlantas Polrestabes Bandung ini juga sejalan dengan UU Nomor 22 Tahun 2009.

"Khususnya di Pasal 285, kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi knalpotnya bisa ditilang dan disita," ucap Budi dikutip dari Kompas.com. 

"Sesuai undang-undang, motornya ditilang, motornya ditahan, selama belum diganti dengan knalpot yang standar motor itu tetap ditahan," timpalnya. 

Baca Juga: Razia Knalpot Racing Gencar di Pekalongan, Bengkel Motor Sampai Didatangi

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Ahmad Ridho




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular