Mengenal Aquaplaning Pada Motor, Biang Kecelakaan Saat Hujan

Didit Abdillah - Jumat, 12 Januari 2024 | 14:00 WIB
Jd.id
Riding saat hujan jangan sampai menerabas genangan di kecepatan tinggi karena bahaya aquaplaning.

MOTOR Plus-online.com - Di musim hujan, tinggi genangan air di jalan raya kerap tidak terprediksi.

Tentu saja saat hujan deras banyak pemotor yang tetap melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jas hujan.

Hujan yang semakin deras, tak sedikit bikers yang terpengaruh dan semakin memacu kendaraannya untuk lebih cepat sampai ke tujuan. 

Padahal jika hujan semakin deras, maka cara berkendara juga harus semakin berhati-hati dan semakin waspada. 

Baik karena keadaan sekitar, juga dari bahaya aquaplaning

Aquaplaning adalah kondisi saat motor atau mobil kehilangan kendali karena air hujan yang tidak bisa ditangkap oleh alur ban. 

Aquaplaning itu sangat mungkin terjadi enggak cuma ke mobil, tapi motor juga,” papar Agus Sani, Head of Safety Riding AHM Wahana dikutip dari Kompas.com.

Menurut Agus, ada tiga faktor yang menjadi penyebab aquaplaning, yakni kondisi tapak ban, kecepatan pengendara motor, dan kondisi jalan itu sendiri.

Jika pengendara melaju dengan kecepatan cukup tinggi di jalan dengan kondisi basah tergenang, tapi tapak ban sudah mulai botak, besar kemungkinan aquaplaning akan terjadi.

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan, Bikers Wajib Waspada Aquaplaning, Efeknya Bisa Bikin Celaka

“Pencegahan aquaplaning paling mudah adalah berkendara dengan kecepatan rendah. Jadi sekalipun jalan basah tapi kecepatannya rendah, pasti akan aman-aman saja,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, Agus menganjurkan pengendara untuk membatasi kecepatan di angka 50 km/jam saja ketika jalan masih dalam kondisi basah.

“Kalau kondisinya sedang hujan, sekalipun itu hanya gerimis, idealnya (kecepatan) diturunkan lagi jadi 40 km/jam,” kata dia.

Baca Juga: Jakarta Hujan Hari Ini, Pemotor Harus Waspada Efek Aquaplaning

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular