Advertorial

Alva One XP Aman Dikendarai saat Hujan dan Banjir, Apa Alasannya?

Yussy Maulia - Jumat, 8 Maret 2024 | 20:24 WIB
DOK. ALVA
Motor listrik di kala hujan dan banjir.

MOTOR Plus-Online.com – Motor listrik mulai menarik minat banyak masyarakat Indonesia. Pasalnya, selain bebas emisi dan minim perawatan, biaya pengisian listrik juga relatif lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar konvensional.

Meski begitu, tak sedikit masyarakat yang masih ragu untuk beralih ke motor listrik. Salah satu alasannya adalah terkait keamanannya saat berkendara di tengah hujan atau melewati genangan air.

Di situasi tersebut, komponen listrik pada mesin dikhawatirkan mengalami korsleting jika terkena air hujan atau genangan banjir. Namun, benarkah risiko ini bisa terjadi?

Melansir pemberitaan Kompas.com, Jumat (17/11/2023), mengendarai motor listrik saat hujan sebenarnya aman. Namun, sama dengan motor bermesin konvensional, pengendara tidak disarankan untuk menerjang banjir yang genangannya terlalu tinggi.

Pada motor listrik, biasanya terdapat fitur-fitur khusus yang dapat melindungi komponen vital pada kendaraan, seperti mesin dan baterai. Misalnya saja, seperti pada motor listrik ALVA One XP.

Untuk diketahui, motor listrik ALVA One XP sudah mengantongi sertifikat IP65. Sertifikat ini merupakan jaminan bahwa produk telah memiliki perlindungan total atau menyeluruh terhadap debu, kontak langsung, dan air bertekanan rendah dari segala arah.

Dengan begitu, baterai maupun motor listrik ALVA One XP sudah teruji aman saat terkena cipratan air.

Selain jaminan sertifikasi, motor listrik ALVA juga dilengkapi beberapa fitur yang membuat motor ini tetap nyaman dikendarai saat cuaca sedang kurang bersahabat, termasuk hujan. Apa saja? Ini daftarnya.

  1. Layar dynamicTFT

Layar dynamic TFT menjadi salah satu fitur unggulan dari motor listrik ALVA One XP. Dengan tampilan yang lebih modern, layar ini dilengkapi dengan teknologi yang dapat menyesuaikan gelap terangnya layar dengan kondisi lingkungan.

Saat cuaca sedang cerah, misalnya, brightness layar akan otomatis meningkat sehingga informasi panel bisa terlihat lebih jelas. Sebaliknya, saat sedang mendung atau gelap, brightness layar akan dikurangi untuk mencegah efek silau.

Penulis : Yussy Maulia
Editor : Sheila Respati

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA