Jalur Pansela Jateng-Yogyakarta Tidak Disarankan Untuk Dilalui Pemudik Pada Malam Hari Ini Sebabnya

Didit Abdillah - Kamis, 4 April 2024 | 12:05 WIB
Dok Kompas.com
Jalur Pansela Jateng-DIY tidak disarankan untuk dilalui malam hari oleh pemudik karena ini penyebabnya.

MOTOR Plus-Online.com - Jalur Pantai Selatan Jawa atau Pansela dari Jateng ke Yogyakarta menjadi daya tarik baru dalam wisata di Pulau Jawa. 

Juga menjadi akses baru untuk pemudik untuk alternatif lebih cepat dari Jawa Tengah menuju Yogyakarta, khususnya Gunung Kidul. 

Dari keindahannya, jalur Pansela Jateng ke Yogyakarta ini tidak direkomendasikan untuk dilalui pemudik pada saat malam hari. 

Khususnya dari Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng ke Yogyakarta, Rien Marlia. 

"Namun, kami sarankan untuk para pemudik dapat melintas sebelum malam, karena daya tarik jalur Pansela ini justru akan terlihat lebih indah dan bisa dirasakan lebih bermakna di pagi atau siang hari," ujarnya dilansir dari Kompas.com

Penerangan di malam hari memang masih minim karena masih belum finishing untuk sarana pendukung seperti lampu jalan. 

Namun sarana lainnya seperti SPBU sudah mulai banyak, sehingga para pengendara tidak perlu cemas kehabisan BBM saat melewati jalur Pansela Jateng-Yogyakarta

Selain itu, sudah tersedia pula beberapa lokasi rest area, salah satunya Rest Area Swanayasa di Kelurahan Nglindur, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, yang memiliki fasilitas lengkap.

Di rest area yang dibangun pada tahun 2022 itu, para pemudik bisa beristirahat, berkuliner, dan bisa beribadah di Mushala.

Baca Juga: Kapolri Kasih Aman Pemudik yang Ketakutan Khususnya di Jalur Lintas Sumatra

"Selain itu juga, para pemudik bisa beristirahat sekaligus berwisata di Edupark Jembatan Kretek 2 menikmati pemandangan Sungai Progo," tukas Rien.

Sebagai informasi, total panjang jalur Pansela Jateng-DIY ialah 331,75 kilometer.

Rinciannya, jalur Pansela di Jateng sepanjang 213,36 kilometer, dan jalur Pansela di DIY sepanjang 118,39 kilometer.

Berdasarkan survesi kondisi jalan semester II tahun 2023, tingkat kemantapan jalan di jalur Pansela Jateng-DIY yaitu 96,08 persen.

Baca Juga: Bikers Mudik Naik Motor Wajib Hati-hati, Beberapa Jalur Mudik Jadi Perhatian Polisi

Penulis : Didit Abdillah
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular