Find Us On Social Media :

Tanda Roller CVT Motor Matic Honda PCX 160 Minta Diganti, Muncul Gejala Seperti Ini

By Ardhana Adwitiya, Minggu, 18 Desember 2022 | 11:15 WIB
Ilustrasi servis CVT motor matic Honda PCX 160, simak tanda-tanda roller minta diganti. (Dok. MOTOR Plus)

MOTOR Plus-online.com - Tanda roller CVT di motor matic Honda PCX 160 minta diganti, muncul gejala seperti akselerasi menurun. Roller jadi komponen penting di CVT motor matic seperti Honda PCX 160.

Saat melakukan perawatan motor matic Honda PCX 160, bikers harus perhatikan komponen roller atau weight saat bongkar CVT

Seiring pemakaian, ternyata roller di CVT motor matic bisa rusak. Kerusakan yang terjadi ialah bentuk roller peyang atau bopeng.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan ada tanda-tanda yang bisa dirasakan bikers saat roller CVT motor matic minta diganti.

"Tanda-tandanya performa motor turun, akselerasi jadi kurang, dan suara mesin di bagian CVT akan lebih kasar di banding sebelumnya," jelas Endro saat dihubungi Selasa (13/12/2022).

Selain itu, roller yang sudah rusak bisa bikin menggerus jalur rumah roller dan malah keluar uang banyak untuk menggantinya.

"Tingkat keausan bisa terjadi antara roller dan rumahnya," lanjut Endro.

Roller dipasang ke puli depan, tepatnya di Primary Sliding Sheave atau puli primer bergerak. Puli bergerak ini sering kali disebut rumah roller, bekerja mengatur pergerakan puli primer.

Baca Juga: Kapan Kampas Ganda CVT Motor Matic Yamaha NMAX Minta Diganti, Begini Penjelasan Bengkel Resmi

Komponen ini bekerja menggunakan prinsip gaya sentrifugal atau gaya yang keluar dari sebuah gerakan rotasi dengan arah menjauhi poros putaran.