Find Us On Social Media :

Tes Praktik SIM C Zigzag Dan Angka 8 Bakal Dihapus, Polda Jogja Ajukan Konsep Baru

By Yuka Samudera, Rabu, 28 Juni 2023 | 10:45 WIB
Ilustrasi tes praktik SIM C. Ujian Zigzag dan Angka 8 di tes praktik SIM C bakal dihapus, Polda Jogja tawarkan konsep baru. (Ntmcpolri.info)

MOTOR Plus-Online.com - Polda Jogja tawarkan konsep baru setelah wacana Zigzag dan Angka 8 di tes praktik SIM C bakal dihapus.

Setelah wacana ujian praktik SIM C akan dirombak pada bagian Zigzag dan Angka 8, Polda DIY memberikan konsep baru.

Mengutip Kompas.tv, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan mengajukan konsep baru uji praktik surat izin mengemudi (SIM) C ke Markas Besar (Mabes) Polri.

Ide dari Kepolisian Resor (Polres) Bantul itu tercipta dengan menghapus praktik mengendarai sepeda motor melalui jalur zig-zag dan angka delapan.

Seperti yang diharapkan Wakil Kepala Polda (Wakapolda) DIY Brigjen Pol. R. Slamet Santoso, konsep baru uji praktik SIM C ini dapat diberlakukan secara nasional.

"Ini baru konsep, kami ajukan dahulu mudah-mudahan dalam waktu yang singkat dan dalam tempo yang secepat-cepatnya itu bisa berlaku di seluruh nasional," ujar Brigjen Slamet ketika meninjau konsepsi uji praktik SIM roda dua di Polres Bantul, Senin (26/6/2023).

Menurutnya, di dalam konsep baru uji pembuatan SIM C ini hanya mengubah pada sisi uji praktik, sedangkan uji teori tetap sama seperti sebelumnya.

"Nanti akan kami kembangkan di tingkat Polda DIY, dan mudah-mudahan ide dari Bantul itu bisa disampaikan ke tingkat Mabes Polri. Kalau cocok, bisa diberlakukan secara nasional, itu harapannya," ucapnya dikutip dari Antara.

Konsepsi uji praktik SIM C di Polres Bantul ini didasarkan pada analisis dan evaluasi kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Kabupaten Bantul.

Anggota Kepolisian Resor (Polres) Bantul saat uji coba praktik SIM C di Satpas Polres setempat Senin, (26/6/2023), yang telah diubah dan disesuaikan dengan ujian teori. (Kompas TV)

Dari evaluasi tersebut, polisi menemukan bahwa kecelakaan lalu lintas paling banyak menimpa pengendara kendaraan roda dua.