Prediksi Motor Baru 2012 (bag.1), Honda dan Yamaha Tebar Injeksi

Motorplus - Rabu, 4 Januari 2012 | 11:17 WIB


Desas desus dan rencana pabrikan sepeda motor di Indonesia untuk meluncurkan beragam varian baru tetap menarik perhatian. Termasuk perhatian tim redaksi yang enggak mau ketinggalan mencari info.

Di tahun 2012 ini, beberapa model baru dipastikan akan diperkenalkan. Sepertinya Honda tetap akan agresif, lewat ATPM-nya PT Astra Honda Motor banjir motor baru akan tetap mengalir dari pabrikan yang bermarkas di Sunter ini.

Yang pasti komitmen Honda untuk meluncurkan sepeda motor berteknologi injeksi dan kesuksesan fitur helm-in atau bagasi luas akan terus dibawa.

Mulai dari rencana Honda meluncurkan Vario terbaru dengan mesin 125 cc. Mesin barunya ini, kabarnya membawa teknologi yang tak jauh berbeda dengan Honda PCX, salah satu yang paling menonjol adalah aplikasi ACG starter.

Model starter ini yang menggabungkan cell motor dengan alternating current generator. Efeknya suara electric starter akan jauh lebih sunyi. Selain itu fitur injeksi dan helm in juga akan disematkan. Kabarnya motor ini sudah siap diproduksi di salah satu pabrik perakitan Honda.

Skubek lain yang baru dari Honda adalah refreshment dari si Retro Honda Scoopy dan BeAT. Keduanya juga akan pakai injeksi bahan bakar PGM-Fi. Sedang untuk Scoopy, fitur helm in juga akan tambahkan.

Selain skubek, Honda juga punya rencana memperkenalkan motor sport terbaru. "Kita memang berniat menguasai semua segmen. Tinggal sport saja yang masih tertinggal dari kompetitor," bisik sang narasumber.

Motor sport 150cc terbaru kabarnya tengah dipersiapkan. Tentunya dengan beberapa keunggulan seperti teknologi injeksi dan monoshock. Di segmen bebek, kabarnya refreshment pada Honda CS-1 juga akan terjadi. Kita tunggu saja!

Lanjut ke Yamaha, pabrikan berlambang garputala ini sudah tertangkap basah menyiapkan dua model skubek baru di awal tahun. Yang pertama adalah skubek retro Yamaha Fino yang akan jadi kompetitor serius Honda Scoopy. Rencananya meluncur bulan Februari mendatang.

Fino yang sudah lebih dulu dipasarkan di Thailand ini memiliki spesifikasi berbeda untuk pasar Indonesia. Utamanya soal pemilihan pelek, di tanah air akan dijual dengan pelek palang atau casting wheel. Sedang di Thailand hanya menggunakan pelek jari-jari.

Skubek baru lainnya adalah matik injeksi pertama Yamaha. Namanya Mio J, bukan cuma mesinnya tapi desainnya juga baru. Foto-fotonya sudah banyak beredar di dunia maya.

Selain dua skubek ini, bebek injeksi juga tengah disiapkan. Besar kemungkinan Jupiter MX atau New Jupiter Z yang lebih dulu pakai injeksi. Sebenernya Jupiter MX paling mudah diaplikasi injeksi, karena menggunakan platform mesin yang sama seperti V-ixion.  Jadi enggak sabar..! (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular