Motor Baru 2012 Perang Injeksi Awal Tahun

Motorplus - Jumat, 6 Januari 2012 | 18:05 WIB


Vario 125 injeksi akan comot mesin PCX?
Memasuki 2012 semua pabrikan motor sudah menyiapkan berbagai amunisinya untuk  terus bertahan dan memperbesar pasarnya pada tahun bershio Naga Air ini.

Di antara varian yang muncul terbaru ini, sebagian besar merupakan tipe berteknologi tinggi alias injeksi. Bisa dibilang tahun ini merupakan perang injeksi.

ÔÇ£Yah... kami akan meluncurkan beberapa varian terbaru untuk motor injeksi tahun ini,ÔÇØ pasti M. Abidin, Asistant General Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIIMM) saat workshop injeksi Yamaha, beberapa minggu lalu di Kemang, Jakarta Selatan. 

Dari beberapa kabar angin yang ber edar saat itu, ada beberapa tipe baru akan nongol. Yang sudah pasti, varian skubek legendaris Yamaha, Mio juga akan mengusung teknologi injeksi yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar itu. ÔÇ£Akan diluncurkan akhir Januari 2012 ini,ÔÇØ sebut sumber MOTOR Plus.

Varian lain yang juga kabarnya akan diluncurkan Yamaha adalah skubek bergenre retro, Fino. Saat ini, skubek retro baru dimainkan pabrikan Honda. Dalam startegy blue ocean ini, PT Astra Honda Motor (AHM) bermain sendiri. Artinya tidak ada pesaing di segmen yang kemudian mereka sebut retro modern ini.

Kabarnya untuk membuat perbedaan dengan varian kompetitor, pabrikan berlambang garputala ini juga akan melengkapi skubek retro mereka dengan sistem injeksi. ÔÇ£Dari omongan hanya ada minor change secara tampilan dari Fino yang diimpor oleh importir umum (IU), yakni pada headlamp, Yang jelas beda di injeksi,ÔÇØ sebut sumber itu lagi.

Bukan cuma itu, kabarnya Yamaha juga sedang mengejar produksinya untuk melengkapi seluruh line-up produksi mereka dengan injeksi seperti Jupiter-Z.

Pabrikan Honda sudah secara tegas dan terang-terangan akan meluncurkan varian injeksi mereka pada 2012 ini. ÔÇ£Betul! Untuk varian yang 125cc, ambil nama Vario 125. Mesin mirip dengan PCX 125,ÔÇØ kata sumber MOTOR Plus lainnya lewat BlackBerry Messenger (BBM).


 Mio injeksi bulan ini siap nongol?
Si sumber lantas menyebutkan, ada beberapa perbedaaan antara mesin PCX 125 yang telah beredar dengan mesin yang nanti dicangkokkan ke Vario. ÔÇ£Yang pasti idling stop system akan dicopot. Ini akan mengurangi cost atau biaya skubek baru ini,ÔÇØ kata si sumber lagi.

Sebagai penghadang Mio injeksi, AHM sudah menyiapkan varian BeAT yang kabarnya akan memiliki desain yang berbeda dari desain BeAT sebelumnya. ÔÇ£BeAT baru ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi,ÔÇØ sebut sumber itu lagi.

Guna mengantisipasi Fino YMJET-FI yang kabarnya Februari atau Maret akan meluncur, Honda juga sudah menyiapkan amunisi. Varian mereka Scoopy juga akan dicekoki injeksi.  Sepertinya AHM nggak mau kecolongan. Skubek retro merupakan pangsa pasar menggiurkan. ÔÇ£Kami akan meluncurkan varian Scoopy injeksi,ÔÇØ ungkap agen rahasia MOTOR Plus itu lagi.

Kabar lainnya, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga bakal meluncurkan varian Ninja 150 dengan konfigurasi 4-tak sebagai jawaban dari akan diberlakukannya Euro 3. Kalau untuk 250 4-tak 4 silinder kabarnya juga bakal diluncurkan. Setelah beberapa lalu dites di sirkuit Sentul oleh sejumlah pembalap dan komunitas Kawasaki. Tapi, Freddyanto Basuki, Manager Promosi KMI, bilang belum memiliki rencana itu. ÔÇ£Kalau tes sih sudah jadi kebiasaan pabrikan. Untuk launching masih jauh.ÔÇØ   (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular