Motor Bekas Yamaha Nouvo, Diburu!

Motorplus - Kamis, 12 Januari 2012 | 11:40 WIB


Masih terus jadi incaran
Perkembangan skubek di Indonesia terus melonjak. Lebih 50 persennya market di Indonesia diambil oleh skubek yang bertransmisi matik. Maklum, besutan langsung gas ini lagi diburu oleh banyak kalangan ABG laki-laki maupun perempuan. Para ortu juga nggak mau ketinggalan.

Mau beli baru atau bekas, harga sama aja dan cenderung stabil. Contohnya, di lantai bursa dan showroom motor bekas (motkas). Penjualan di gerai motkas juga banyak dikunjungi pembeli. Kuda besi yang tidak bergigi ini memang lebih ramai dibanding motor manual.

Contoh Yamaha Nouvo berkapasitas 115cc. Skubek yang telah diskontinue alias tidak diproduksi lagi ini memiliki dua model favorit, Nouvo Sporty dan Nouvo-Z. Keduanya beda tahun pembuatan dan tampilan. Di antara dua model yang ada, paling banyak diminati adalah Nouvo Sporty yang beken disebuat Nouvo Lele.

ÔÇ£Sudah dua tahun ini Nouvo Lele banyak dicari. Tidak hanya dari kalangan anak muda. Melainkan juga para ortu yang memang banyak yang suka. Kelebihan dari skubek ini adalah memiliki boks bagasi lumayan luas. Jadi bisa menaruh barang bawaan banyak. Selain itu, matik andalan Yamaha sebelum Mio ini juga nyaman dikendarai dan gak gampang cape,ÔÇØ kata Misyanto pemilik showroom motkas Amore Loaxan (AL) dari Jl. H. Mencong, Ciledug Raya, Tangerang Banten.

Di mata pedagang, motkas miliknya harus enak dipandang dan tentunnya juga nyaman dipakai. Semakin mendekati kondisi awal pabrikan semakin tinggi harga jualnya. Nilai jual tinggi itu terlihat dari kondisi dan warna bodi motor.

Maksudnya, keadaan motor harus tetap standar. Jangan sampai ada masalah dengan kondisi motor. Selain itu warna juga ikut berpengaruh. Di kalangan pedege, harga kelir merah lebih mahal dari warna lainnya. Budget yang disiapkan bisa nambah Rp 500 ribu.

Masih kata Misyanto, Nouvo ini terbilang barang antik. Karena jarang juga yang pakai model Nouvo Lele ini. Kebanyakan pada pakai tipe Z. ÔÇ£Nouvo Lele sendiri dikeluarkan pada 2002 sampai 2004. Sementara untuk seri Z itu di kurun waktu 2005 sampai 2007,ÔÇØ tambah Yamin, pedagang motkas dari Yamin Motor di Jl. Pancoran Barat,  Jakarta Selatan.

Nouvo Lele memang lagi disukai penggemarnya. Harga lumayan tinggi. Buat keluaran 2002, banderolnya masih di kisaran Rp 3-4 juta. Sedang untuk yang 2003-2004 itu bisa sampai Rp 4- 5,5 juta. Harga itu untuk kondisi motor yang masih bahan. Maksudnya, kondisi Nouvo masih standar abies. Tapi kalau sudah dimodifikasi bisa sampai Rp 6,5ÔÇô10 juta. 


 Komponen cvt harus diperhatikan
Cek Kondisi Versi Awam
Sebelum menentukan pilhan dan membeli motor bekas alias motkas, ada baiknya melihat secara keseluruhan. Mulai dari kelengkapan bodi, kaki-kaki hingga mesin. ÔÇ£Usahakan kondisi motor masih standar,ÔÇØ tambah Haris kepala sper-parts dari dealer Yamaha Surya Prima Graha.

Bagian motor yang terlihat secara kasat mata harus dalam kondisi bagus. Paling enggak bisa menimbulkan kesan pertama yang baik. Misal Bodi, stiker, striping, pelek, baut pengikat hingga kelengkapan seperti kaca spion, lampu utama dan sein mesti dalam kondisi orisinal dan masih normal.

Selebihnya, kelengkapan mesin seperti electric starter, tuas kick starter juga harus berfungsi normal. Pada bagian mesin merupakan hal yang paling penting. Lantaran tidak bisa dilihat kecuali dibongkar, mesin hanya mengandalkan indera pendengaran saja untuk menentukan kualitasnya. Dan suara mesin harus nyaris tidak terdengar. ÔÇ£Paling tidak motor yang dibeli dari showroom motkas itu mesti diservis terlebih dahulu. Tentu supaya nantinya tidak ada masalah. Seperti piston, ring piston, busi, dan karburator harus dicek,ÔÇØ sahut Amore.

Skubek berbeda dengan motor manual. Karena besutan ini memiliki CVT. Selain mesin, part yang ada di CVT juga berperan penting. Karena tenaga motor dihasilkan juga dari komponen CVT. Yang perlu diperhatikan adalah rolller. Karena komponen ini mudah peang akibat sistem kerjanya bergesekan. Kalau sudah seperti itu, motor akan mengalami gejala selip. Lalu yang mesti diperhatikan juga adalah belt. Apabila memang sudah dalam kondisi retak, ya harus cepat dan segera diganti karena takut putus. Maklum belt dibuat dari karet.

Kalau di motor manual punya kampas kopling, tapi di skubek namanya kampas sentrifugal. Seandainya part ini sudah habis, maka besutan akan sering selip. ÔÇ£Sehingga tenaga jadi lemot. Sekalian beli mangkuknya juga,ÔÇØ ungkap Amore.

Meski motornya sudah tidak diproduksi lagi, tapi jangan takut sper-parts orisinal Nouvo Lele masih tetap dijual di banyak dealer resmi Yamaha. ÔÇ£Di dealer kami masih menyetok komponen Nouvo Lele. Jadi, gak perlu takut buat para pecinta Nouvo Lele yang mau beli part orisinial,ÔÇØ yakin Haris. (motorplus-online.com)

 DAFTAR HARGA
 
Nouvo Sporty 2002   Rp 3,5 juta
                    2003    Rp 4,5 juta
                    2004    Rp 5,5 juta
 
Nouvo-Z       2005     Rp 6 jutaan
                    2006    Rp 6-7 juta
                    2007    Rp 7,5 juta

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular