Manfaatkan Gadget Saat Galau di Jalan

Motorplus - Rabu, 15 Februari 2012 | 05:36 WIB

Pengendara yang tiap hari bergelut di jalan, pasti sering galau saat melakukan perjalananan. Terutama mereka yang mau pergi ke kantor atau ke suatu tempat yang jalurnya padat merayap juga belum pernah dikunjungi. Buat orang awam yang tidak mengenal medan, pasti berfikir keras untuk mencari jalur alternatif agar bisa cepat sampai tujuan.

Meski awam, tidak jarang pemilik motor menggunakan perangkat elektronik (gadget) khususnya alat komunikasi canggih. Perangkat ini sejatinya bisa dimaksimalkan melalui aplikasi software yang bisa didownload. Berikut aplikasi yang bisa diunduh pada fitur smartphone.

Fungsi pintar Kompas


Untuk cari jalan atau lokasi, pemilik smartphone pasti buka fitur Maps. Cuma kadang di Maps tidak disertakan kompas atau penunjuk arah. Sehingga pada saat sedang tersesat di tengah jalan yang tidak tahu arah yang maua dituju, pengendara cari alternatif dengan melihat posisi matahari berada.

Dari pada repot, pemilik smartphone berbasis Apel Machintosh atau Android bisa unduh secara gratis software Kompas di fitur Market. Seperti di Android, silakan unduh software Smart Compass. Uniknya piranti lunak ini punya background layar kamera HP.


Video Streaming di BB

Ingin memantau kepadatan jalur lalu lintas di tengah kota secara real time, pemilik smarphone BlackBerry nggak perlu khawatir. Selama spesifkasi perangkatnya mendukung, pemilik gadget ini bisa memantau kelancaran lalin baik dengan gambar atau video streaming. Jika pakai paket unlimited, bisa lihat gambar yang berubah setiap 5 menit. Buat paket full service bisa lihat video streaming. Untuk memanfaatkan fitur ini, pemilik BB mesti unduh software 'Love Indonesia'. Lalu untuk mendapatkan gambar, bisa pilih menu Trafic bergambar lampu merah. Di situ juga kita bisa buka menu untuk melihat kepadatan jalur di dalam Tol.

Lupa Posisi Parkir

Urusan parkir merupakan persoalan sepele tapi kadang menyebalkan buat pemilik motor. Apalagi kalau taruh sepeda motor di tempat parkir yang luas dan bentuk areanya beda tipis.

Untungnya masalah ini bisa diatasi jika pemilik smartphone berbasis Android sudah mengunduh aplikasi bernama 'Car Locator'. Program ini untuk mengetahui posisi kendaraan kita yang di parkir tapi di area lapang terbuka. Caranya adalah dengan mengunci posisi kendaraan sambil dikasih kode alarm. Lalu untuk kemudian disave. Begitu akan mencari, baru tinggal mencari pososi kendaraan yang diparkir lewat menu Maps.


Fitur Di Maps

Smarrtphone yang sudah didukung fitur Maps, kalau dibuka pasti muncul peta dunia. Begitu clik menu dan tekan My Location, posisi kita terlihat detail di peta. Tapi kalau pilih menu Get Directions untuk menghubungkan ke lokasi yang diinginkan dengan menulis nama jalan, di peta akan muncul jalur pilihan dengan warna yang diblok berbeda.

Namun fitur ini di smartphone memilki tampilan dan kelebihan yang berbeda. Get Directions di Smartphone BlackBerry cuma muncul satu jalur tujuan, di smartphone berbasis Android malah kasih pilihan jalur buat pejalan kaki, naik mobil kecil atau bus ukuran besar. Nah, buat pemakai Iphone selain menu buat kendaraan, jalur yang di blok dalam warna lain juga tersedia pilihan jalur alternatif. Mulai dari jalur utama, alternatif sampai jalur tikus.


Folow TMC


Buat yang update Twitter dan suka ngetweet, bisa kok memanfaatkan social network ini unutk mengetahui informasi seputar lalu litas di Tanah Air. Informasinya meliputi seputar kemacetan jalan Ibu Kota, informasi kecelakan bahkan tips semputar safety riding. Asyiknya, buat pemilik smartphone berbasis Android yang menggunakan paket internet bulanan, informasi ini dapat diterima setiap saat.

Namun untuk bisa mengetahui informasi seputar lalu lintas ini, pemilik akun Twitter bisa langsung Follow TMC (Traffic Management Contro|) di kota anda. Seperti contoh di Jakarta, Sign up for Twitter to follow TMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro). Maka dengan mentweet akun ini, pemilik smartphone akan langsung mendapat informasi lalin dengan cepat. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular