Atasi Kabel Gas Jupiter MX 135LC Macet Saat Hujan

Motorplus - Minggu, 18 Maret 2012 | 12:05 WIB


 Lakukan perawatan jika bermasalah
Yamaha Jupiter MX 135LC kadang punya kendala ketika hujan turun. Part penarik skep karburator di bebek super ini bisa saja bermasalah. Ketika grip gas diputar, kabel gas ogah kembali ke awal. Tapi, tentunya, ini bisa ditemui di MX yang usia pakai di atas 2 tahun ya.

Usah panik! Penyebabnya, karena karat yang bernaung di kabel. Sejatinya, kabel gas dilapisi pelumas demi mendukung kelancaran kerjanya. Ya, biar enggak friksi lebih dengan selongsong gas.

"Sayangnya setelah beberapa lama, pelumas itu akan mengikat debu-debu kotoran. Ketika panas, enggak terlalu bikin masalah. Tapi, ketika hujan lapisan pelumas yang juga diselimuti debu itu akan sedikit mengental dan bikin seret,ÔÇØ tegas Agus Sumaryanto dari bengkel Mandiri Motor di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurutnya, masalah seperti ini juga bisa dialami pacuan merek lain. Kalau sudah seperti ini, disarankan untuk melakukan perawatan atau pembersihan. Kabel dicuci bensin dan keringkan. Setelah itu, dilumasi lagi. ÔÇ£Jangan pakai oli bekas karena ada kandungan kotoran,ÔÇØ saran Agus.

Kelar dibersihkan, setel ulang mur dan baut. Baik yang di grip gas atau di tutup skep karburator. Sedangkan jarak celah putaran grip gas, idealnya adalah 2 - 3 mm dalam posisi skep tertutup.

Selain karat, kejadian kabel gas lemot balik juga bisa disebabkan per gas dipotong. Memang tujuannya agar enteng. ÔÇ£Awalnya sih enggak masalah. Tapi, kelamaan rebound per jadi telat,ÔÇØ sebut Gober, sapaan akrab Agus.

Dirawat ya!  (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular