Spuyer Kijang di Karburator PWL Ninja 150

Motorplus - Senin, 9 April 2012 | 15:06 WIB


 Kiri asli main-jet PWL dan kanan punya Kijang
Bagi yang senang otak-atik atau korek mesin, langkah penggantian spuyer karbu kerap dilakukan. Seperti spuyer karburator Kawasaki Ninja 150. Asli dari pabriknya mengaplikasi Keihin PWL 28.

Karburator ini punya pilot-jet asli 38 dan main-jet ori 138. Khusus untuk main-jet, ada versi murahnya. ÔÇ£Bisa aplikasi dari kepunyaan mobil Toyota Kijang,ÔÇØ jelas Hadyahsyah, mekanik dari bengkel HMR di Jl. Laswi No. 553, Ciparay, Kabupaten Bandung.

Ukuran yang tersedia dari kepunyaan Kijang yaitu 110 sampai 200. ÔÇ£Itu dari karbu mesin Kijang tipe 5K,ÔÇØ jelas Usi, panggilan beken Hadyansyah.

Lanjut Usi, jika dibandingkan dengan harga main-jet variasi, punya Kijang lebih murah. Bisa didapat dengan harga Rp 1.500 satuannya. Bandingkan jika kita membeli versi variasi yang ukurannya beraga. Satu biji bisa mencapai Rp 15.000 sampai 35 ribu.

ÔÇ£Secara bentuk, main-jet Toyota Kijang mempunyai ulir yang sama dengan main-jet karburator PWL. Namun ukuran tingginya beda,ÔÇØ jelasnya.

Yang dimaksud ukuran tingginya yaitu bagian yang terendam di mangkuk karbu. ÔÇ£Tinggi main-jet karburator PWL yaitu 3 mm, sedangkan main-jet Kijang 1,94 mm. Meski berbeda, dilihat dari fungsi sama saja,ÔÇØ jelas Usy.

Kata Usi, selisih tinggi main-jet Kijang dibanding dengan punya PWL yaitu 1,06 mm. Ini dianggap tidak mempengaruhi kinerja. untuk suplai bahan bakar ke dalam dapur pacu saat rpm tinggi masih maksimal.

Yang perlu waspada, ÔÇ£Main-jet Kijang terkadang berbeda ukuran meski angkanya sama. Misal angka 110 asli PWL belum tentu dengan 110 punya Kijang,ÔÇØ wanti Usy. (motorplus-online.com)


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular