Kenali Problem Bendik Stater

Motorplus - Kamis, 19 April 2012 | 08:10 WIB

 
Fungsi elektrik starter untuk memudahkan pengendara saat menyalakan mesin. Tinggal tekan tombol di setang, lewat bantuan setrum aki maka elektrik starter dengan mudah memutar mesin.

Cuma kalau lagi ngadat, terpaksa kick starter digunakan. Buat motor bebek sih biasa, tapi skubek mesti pakai standar tengah biar enggak loncat.

Makanya problem starter elektrik starter ngadat masalah gede. Sebab tidak mudah dilacak lantaran faktor penyebabnya banyak, dimulai dari aki, dinamo starter dan bendik starter.

Jadi, memang perlu dicek satu per satu. Tapi, kalau tombol starter dan setrum aki aman, coba cek kondisi bendik starter. Pastikan tidak rusak, karena komponen ini sering menerima beban arus lebih besar dari aki saat tombol ditekan.

Belum lagi material terminal kabel di bendik dari bahan kuningan, membuat komponen ini mudah berjamur. Dan kalau sudah seperti itu, dipastikan bendik starter tak bisa lagi berkerja normal.

Nah, untuk menghindari masalah di jalan seperti korslet atau motor starter gak mau berhenti berputar, baiknya komponen ini diganti baru. Pilih komponen yang asli agar usia pakainya lebih lama.  (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular