Kampas Kopling Tiger Pakai ZX130, Mahal Dikit Asal Awet

Motorplus - Jumat, 25 Mei 2012 | 16:41 WIB

Kampas Kawasaki ZX130 sedikit lebih tebal
Buat penyemplak Honda Tiger yang kampas koplingnya udah slip, bisa ikutin tips ini. Maksudnya, selain pakai kampas orisinal, sampeyan juga bisa subsitusi pakai kampas milik pacuan motor merek lain. Meski sedikit lebih mahal, tapi kata yang sudah coba, sedikit lebih awet.

ÔÇ£Biar kampas kopling Honda Tiger bisa lebih awet dan tahan lama, tinggal ganti aja pake kepunyaan Kawasaki ZX130, tebalnya beda sekitar 1-1,5 mm,ÔÇØ bilang Subronto Laras, mekanik Mandiri Motor (M2).

Harga kampas kopling ZX dihargai Rp 150 ribu/set, 5 keping. Tapi, yang dipakai hanya 4. Satunya, tetap menggunakan kampas kopling yang kecil kepunyaan orisinal Tiger. Dijual Rp 35 ribu. Karena, kalau kampas kopling Tiger setnya tersedia 4 lembar. Ditambah yang kecilnya, dijual terpisah.

Cara penggantiannya, kuras oli dengan membuka baut menggunakan kunci ring 24. Buka kick stater pakai kunci ring 12 mm. Lalu, lepas baut breket engine di bawah mesin pakai kunci ring 12 mm.

Kabel kopling, dibuka terlebih dahulu pakai kunci ring 12 dan 14 mm. Jika sudah enggak ada penghalang, tinggal buka baut pengikat blok mesin berjumlah 12 buah pakai kunci T 8.

Lanjut, buka per kopling pakai kunci T 10. Buka juga tutup pompa oli pakai obeng ketok model kembang. Setelah tutupnya terbuka, tinggal mur pengunci pompa oli yang kudu dibuka pake special tools. Setelah itu, mur rumah kampas kopling dibuka dibantu oleh tracker.

Kini, tinggal ganti deh kampas lama Tiger gunakan Kawasaki ZX 130 yang hanya diambil 4 lembar dan satu yang kecil kepunyaan Tiger. ÔÇ£Dijamin, bisa kuat lebih lama dari pada original Honda Tiger. Mahal dikit ora opo-opo,ÔÇØ tutup mekanik yang ngendon di Jl. Panjang Raya No. 116, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Coba?  (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular