Bersihin Kolong Motor, Setahun Dua Kali Bisa Cegah Karat

Motorplus - Selasa, 26 Juni 2012 | 13:50 WIB


 Enggak banyak alat dan modal
Maaf..., bukan maksudnya bersihin kolong jembatan dari grafiti yang enggak jelas. Tapi, ini kali Em-Plus mau ngajak sobat buat bersihin kolong pacuan yang jarang tersentuh ketika dicuci. Misalnya, di pacuan tipe skubek. Bagian kolong sasis, biasanya tertutup dek bawah. Sisi ini, juga musti dibikin kinclong!

ÔÇ£Baiknya, perawatan dilakukan minimal setahun dua kali. Ini bisa cegah karat hinggap,ÔÇØ aku Arthur Wullur dari Violeta Rumble Team (VRT) Modified di Jl. Kesehatan Bawah, No. 5, Bintaro, Jakarta Selatan.


Nah, buat bor, cuy, teng atau bray yang tengah alami masa liburan, enggak ada salahnya luangkan waktu buat bersih-bersih kolong. Toh, waktu yang dibutuhkan juga enggak banyak kok. Paling hanya sekitar 30 menit hingga 1 jam. Yukz, kita coba.

Bisa dilakukan setelah proses pencucian seluruh motor atau juga sebelumnya. ÔÇ£Kalau sebelumnya, jadi usai proses bersih kolong bisa langsung cuci semua. Ini bisa lebih bersih,ÔÇØ kata pria berambut panjang itu.



 Gosok pakai sabut atau spoon yang kasar
SASIS
Pertama, buka dulu cover dek bagian bawah dan atas yang biasa jadi pijakan kaki pengendara. Setelah itu, cuci sasis pakai sabun colek dicampur deterjen.

 Poles sasis biar makin kinclong
Dicampur deterjen, tujuannya agar kotoran yang membandel bisa terangkat oleh deterjen. ÔÇ£Jika bisa dan ada, gosoknya pakai bahan penggosok cuci piring yang punya dua sisi. Kasar dan lembut,ÔÇØ bilang ayah dari Violeta ini.

Buat awal, gosok dulu pakai bagian yang kasar. Setelah itu, bilas pakai air. Lalu, ulangi lagi dengan menggosok pakai bagian spoon yang halus. Lewat proses ini, sasis bawah bakal tampil kinclong.


 Semprot oli pakai pembersih karbu
MESIN
Selain sasis, biasanya ada juga motor yang kepala silindernya agak sedikit dilapisi permukaan oli. Mungkin, karena ada sil yang bocor dari penutup setelan kerenggangan klep.

Jika alami hal ini, membersihkannya cukup gunakan bensin atau solar. ÔÇ£Sebaiknya sih solar. Karena sifat cairan ini tidak sekeras bensin. Bisa juga pakai carburator cleaner atau engine cleaner. Tinggal semprot aja,ÔÇØ tambahnya.


 semprot soket pakai cairan anti karat
SOKET
Tak ada salahnya juga memperhatikan kebersihan soket-soket jika ada dibagian dek atau bagian yang jarang tersentuh. Pastikan, bagian ini terlindung juga dari korosi. Sebab kalau ada karat, arus litrik tak terhantar sempurna.

Membersihkannya bisa disemprot pakai carburator cleaner. Tapi, selain pembersih karbu, sobat juga bisa aplikasi cairan pembersih barang-barang elektronik. Ini juga ampuh buat bersihkan soket-soket. ÔÇ£Setelah itu, lapisi lagi pakai cairan anti-karat. Misalnya, WD-40,ÔÇØ saran Arthur lagi.

Usai semua proses dilakukan, biara makin kinclong bisa aja bagian sasis ikut diploes layaknya bodi. Karena licin, debu jadi sedikit enggan buat nempel. (motorplus-online.com)  

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular