Ural Retro dan Gear Up 2011, Motor Rusia Hadir di Indonesia

Motorplus - Senin, 27 Agustus 2012 | 15:00 WIB


Tak diduga mendapat kabar keberadaan motor Ural di Jakarta. Sempat terlintas bayangan Ural motor untuk perang. Karena dari sejarahnya, motor ini kendaraan tempur Uni Soviet dan berkaitan erat dengan Perang Dunia II.

Sedikit cerita motor ini, Ural pabrikan roda dua asal Rusia yang memproduksi motor bersespan. Motor ini dipakai untuk kendaraan tempur Soviet untuk kebutuhan militer tentara merah menghadapi invasi Nazi Jerman.

Ketika motor ini masuk Indonesia sekitar awal 2012 lalu, memang tak banyak diketahui khalayak. Tapi, setelah urusan surat-surat lengkap dan legal, barulah diperkenalkan. ÔÇ£Khusus MOTOR Plus yang pertama meliput Ural ini,ÔÇØ buka Rusmanto, yang akrab disapa Manto.

Manto bekerjasama dengan Edi Sugiyanto mendatangkan motor ini. Mereka berdua pengusaha sukses yang sama-sama hobi motor.

Awalnya sempat ragu. ÔÇ£Bukan masalah laku atau tidak, yang penting kami sudah berhasil mendatangkan motor Ural juga sudah bangga,ÔÇØ jelas Manto yang beralamat di Jl. Bonsai No. 7 Blok 63 Kav. DKI Meruya Utara, Jakarta Barat ini.


Baru dua unit yang hadir disini. Ural Retro yang sepintas mirip BMW R27 dan Ural Gear Up dengan konsep militer yang dilengkapi sekop dan jerigen. ÔÇ£Sekitar akhir tahun ini 10 unit lagi akan tiba di Indonesia,ÔÇØ seru Edi, yang bos PT Istana Sepeda itu.

Secara desain motor ini punya keunikan tersendiri, tetap mempertahankan desain klasiknya. Dengan mesin dua silinder Boxer, Ural dibekali mesin 750 cc. Dengan bobot total 335 kg motor ini dilengkapi juga electrik dan kick starter.

Selain itu, mesin Ural yang dibekali karbu twin Keihin L 22 AA ini juga mampu menyemburkan 40 dk pada 5600 rpm. Uniknya konsep klasik tetap diusung namun rem depan cakram dari Brembo.

Bagi yang penasaran, bisa lihat display unitnya di Mal MGK Kemayoran, lantai UG B10.01-03, Jl.Angkasa Kav.B-6, Jakarta Pusat. Telepon 08111-65886.


Harga Bersaing Dengan Moge Lain
Bagi yang awam, biasanya hanya lihat motor dengan kereta samping atau sespan dari hasil ulah modifikator. Tapi, motor varian Ural ini memang kondisinya sudah memiliki sespan dari pabrikan sononya di Rusia.

Karena khusus dipesan untuk Indonesia, posisi sespan pun spesial disesuaikan berada di sebelah kiri. Posisi aslinya ada di sebelah kanan, cuy!

Hingga saat ini Ural terus memproduksi sepeda motor klasik bermesin boxer dan dilengkapi sespan. Tercatat banyak model yang diproduksi ural seperti Ural T, Patrol T,  Retro, Gear Up, Patrol, Tourist, Taiga, dan Red October. Nah, yang didatangkan PT Istana Sepeda ini Ural Retro OTR dilego Rp 350 juta dan Ural Gear Up Rp 340 juta.  (motorplus-online.com)

Spesifikasi
Kecepatan maksimal: 95 km/jam
Kapasitas mesin: 749 cc
Rasio kompresi: 8.6:1
Kapasitas tangki: 19 liter
Bore & Stroke: 78 & 78 mm

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular