Karisma Fans Club Jakarta, Bebek Doyan Turing Sadar Safety

Motorplus - Minggu, 30 Desember 2012 | 09:54 WIB


Komunitas pembesut bebek ini, jangan pernah dipandang sebelah mata. Karena jam terbang turingnya, enggak diragukan lagi. Seperti komunitas pembesut Honda Karisma yang tergabung di wadah Karisma Fans Club (KaFC). Klub asal Jakarta ini sudah berdiri sejak 12 Oktober 2003.

Walau motor Karisma sudah discontinue, tapi klubnya masih aktif sampai saat ini. ÔÇ£Kami sudah pernah turing ke beberapa pulau dan provinsi. Juga pernah sampai ke Sabang titik 0 kilometer,ÔÇØ jelas Andry Agustiana, member KaFC.

Klub yang sudah berumur 9 tahun ini, setiap 3 bulan sekali selalu mengengadakan turing. ÔÇ£Terakhir kami menghadiri acara Honda Bikers Day di Jogja,ÔÇØ kata Agus Sigit Wicaksono, penasehat dan pendiri klub.

Jempolnya bila melakukan turing, klub ini selalu menegakan ketentuan safety terhadap motornya dan juga si pengendaranya. Selain itu dandanan motor bebek yang biasa mengantarkan turing, dibikin lebih menunjang saat perjalan jauh.


Seperti menggunakan center box, biasanya box belakang digunakan untuk menyimpan barang bawaan yang dibutuhkan saat melakukan trip. ÔÇ£Pilihan box yang paling pas untuk motor bebek antara 33 ÔÇô 44 liter, agar motor enggak terlalu berat ke belakang,ÔÇØ jelas Agus Setiawan, biker yang nengok dipanggil Tulang.

Di bagian mesin juga ikutan didandani, ada yang bore up, hanya sekadar main di setingan karburator dan juga bobok knalpot. Semuanya dibikin agar motor lebih enteng melibas trek jalan yang ditemui.

ÔÇ£Karena Jakarta panas, jaket klub untuk dipakai harian dan turing dibikin beda. Untuk turing pakai full body protector, sedangkan harian jaket tanpa body protector,ÔÇØ jelas Tulang yang biasa nongkrong di Laksa, Jl. Prof. Dr. Sucipto (Casablanca).

Yang harus ditiru dari klub KaFC ini adalah menggunakan lampu penerangan yang berfungsi, selalu menerapkan safety riding dan enggak menggunakan lampu strobo saat melakukan turing karena itu melangkan aturan. Juga menggunakan spion kiri dan kanan komplit.

Nah, jadilah klub yang bisa dijadikan contoh untuk masyarakat yang masih awam. (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular