Melihat Proses Pembuatan Oli (bag.2), Cepat Dengan Tangan Robot

Motorplus - Jumat, 22 Februari 2013 | 18:01 WIB


Urusan racikan dan proses memasak oli hingga menjadi oli yang siap pakai sudah dibahas pada tulisan sebelumnya (klik di sini) . Kini saatnya melakukan pengemasan, oli dimasukan ke dalam botol dan siap dipasarkan.

Yang mengagetkan adalah proses pengemasan ini semuanya dilakukan oleh robot. Fungsi manusia hanya menyiapkan botol-botol yang akan diisi sebelum proses pengemasan dimulai dan diakhir, mengangkut kardus-kardus oli ke gudang penyimpanan sementara.

"Lainnya hanya sebagai operator saja," buka Heru Purwoko, Product Department Head PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil sambil menunjukan botol-botol yang berjalan dalam rel motorik melewati satu demi satu tahapan.

Pengisian ke dalam botol dilakukan dengan cepat 
Pertama botol akan melintas ke bagian pengisian. Tangan robot yang dikaitkan dengan selang oli langsung memasukan oli ke dalam botol dengan cepat dan presisi. Ukuran volumenya tentu akan selalu sama. Ada yang 0,8 liter dan ada juga yang 1 liter.

Selanjutnya, botol tadi akan masuk ke robot yang bertugas melakukan pemasangan tutup botol. Pertama dipasang dahulu seal untuk menghindari kebocoran, kemudian jalan lagi menuju robot yang memasang tutupnya.

Pemasangan seal dan tutup juga dilakukan oleh tangan robot. 
Federal Oil memiliki desain tutup oli unik yang disebut dengan multicolor cap. "Ketika dibuka, ring di tutup botolnya akan rusak sehingga tidak bisa dipakai lagi. Cara membukanya juga bukan diputar melainkan ditarik," jelas Heru Purwoko. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko pemalsuan. 
Sampai memasukan botol ke dalam kardus juga dilakukan oleh robot
Terakhir, kemasan oli yang sudah sempurna ini dimasukan ke dalam kardus. Lagi-lagi, tidak pakai manusia. Proses memasukan ke dalam kardus dan mengikatnya dilakukan oleh lengan robotik. Dan proses ini ditutup dengan memindahkan tumpukan kardus oli tadi ke gudang penyimpanan.

Kalau dilihat prosesnya tergolong sangat cepat, mantab! (motorplus-online.com)

Untuk informasi lebih mendalam tentang Federal Oil, silahkan kunjungi federaloil.co.id


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular