Soul GT Berdecit dan Tersendat, Cek Kampas Koplingnya!

Motorplus - Senin, 17 Juni 2013 | 11:00 WIB


Tak sedikit pemilik Yamaha Soul GT merasakan gejala aneh di motor ketika memulai berjalan. Seperti timbul suara decit di seputar rumah CVT hingga awalan jalan motor seperti tersendat. Tetapi tersendatnya bukan karena motor kehabisan bensin. Melainkan, motor tertahan layaknya slip kopling.

ÔÇ£Kondisi ini bisa disebabkan karena kampas kopling yang aus atau kotor dan keras. Jadi ketika rpm naik di putaran bawah, kampas kurang menggigit mangkuk kopling,ÔÇØ ungkap Uchay dari Uchay Speed di Tanah Kusir II, Jakarta Selatan.

Kondisi ini bisa saja dialami motor baru. Meskipun, jarak tempuhnya baru 2.000 km. Apalagi, kalau skubek itu pernah melibas genangan air atau banjir.

Saran Uchay, buka bagian mangkuk dan kampas kopling. ÔÇ£Gosok bagian permukaan kampas pakai sikat kawat atau ampelas kasar agar menjadi kasar,ÔÇØ beber mekanik berpenampilan modis itu.

Lewat cara ini, kampas mempunyai daya tekan dan lengket yang lebih bagus. Jadi, tidak mudah slip ketika menekan mangkuk kopling. Lalu, mangkuk kopling juga jangan lupa dibersihkan.

Gosok bagian dalam mangkuk yang permuaannya biasa bersentuhan dengan kampas. Gunakan ampelas halus, tetapi tidak perlu ditekan ketika menggosoknya. ÔÇ£Untuk mengusir suara decit tadi, bisa gunakan lem instan yang cepat kering. Lem bagian pinggir luar mangkuk kopling. Pasti suara decit hilang.ÔÇØ (motorplus-online.com) 


Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular