Helm Dengan Navigasi GPS, Akankah Terwujud?

Motorplus - Selasa, 25 Juni 2013 | 11:57 WIB


Perangkat navigas GPS sudah banyak dipakai di sepeda motor dengan layar monitor dipasang di area setang. Namun, pernahkah terbayang jika perangkat GPS serupa terpasang di helm? dan dapat menampilkan data navigasi di depan mata Anda?

Nah, perusahaan pembuat alat navigasi asal Rusia, Live Map, kini sedang berusaha untuk mewujudkan impian tersebut. Dilansir Motorcycle, Live Map kini sedang mengembangkan helm berteknologi tinggi, dimana helm tersebut akan menampilkan pantulan gambar penuh warna, transparan dan terletak di bagian kanan kaca visor.

Diklaim Live Map, helm ini juga tidak akan menghalangi pandangan dari pengguna sehingga tidak mengganggu. Helm ini dilengkapi dengan mikrofon dan earphone yang berfungsi menerima dan mengirim perintah suara tanpa menyentuh tombol.

Sensor cahaya juga diletakkan di atas helm untuk mendeteksi cahaya pantulan dari proyektor sesuai kondisi siang atau malam hari. Sedangkan dua baterai 3000 mAh terpasang di helm ini untuk memastikan GPS tetap aktif sepanjang perjalanan.

Langsung ditampilkan pada visor tanpa menghalangi pandangan. 

Jika belum cukup, helm ini juga mengaplikasikan sensor gravitasi, giroskop, dan kompas digital untuk disesuaikan dengan gerakan badan saat menikung. Bisa jadi, helm ini akan digunakan oleh pembalap untuk mendapatkan data akurat saat melakukan balapan lap per lap-nya.

Untuk proyek ini, Live Map juga mengembangkan system operasi sendiri, tidak bekerjasama dengan IOS atau Android OS, untuk menjaga pengendara agar tidak melihat hal-hal lain seperti video atau browsing internet yang berpotensi membahayakan perjalanan.

Sayang, proyek ini masih terkendala dana dimana Live Map masih membutuhkan dana sekitar 150.000 dolar AS (Rp 1,4 milyar), karena itu Live Map membuka kesempatan kesempatan bagi siapapun yang ingin berdonasi. Ada yang mau ikutan investasi?

(motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular