Modifable Mio, Project Berhadiah Buat Sobat

Motorplus - Senin, 16 September 2013 | 17:32 WIB

Banyak pertanyaan dari penyuka akselerasi. Apakah Yamaha Mio injeksi modifable dalam urusan engine seperti Mio karbu? Apakah mesin skubek ini bisa dijejali beragam part pendongkrak akselerasi macam generasi Mio sebelumnya?

Sebagaimana kita tahu, Mio karburator bisa bore up edan sampai 350 cc. Bagaimana dengan Yamaha Mio injeksi? Apakah sama? Demi menjawab semua pertanyaan itu, MOTOR Plus lakukan uji coba langsung di Yamaha Mio GT.

Project ini bisa dikatakan heboh. Sebab, kerja sama dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan beberapa produsen part racing. Hasilnya Mio GT ini buat hadiah pembaca yang buka www.motorplus-online.com. Silakan registrasi dan pemenangnya akan ditentukan melalui pengundian.


Enaknya, sudah dapat motor, ditambah part racing pula di motor tersebut. Yang pastinya, akselerasi motor bakal lebih cepat. Dan yang paling penting, gratissss...!!

Untuk mengerjakan project pembuktian bore up edan ini, kerja bareng Ultraspeed di Jl. Panjang No. 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Langkah awal bongkar head dan blok silinder untuk membandingkan jarak antar baut silinder antara Mio lama dan Mio GT yang sudah injeksi itu.


Dilakukan pengukuran, jarak menyilang antar lubang baut di blok di Yamaha Mio GT 82 mm. Dibandingkan dengan Yamaha Mio karbu, ternyata sama-sama 82 mm. “Berarti Yamaha Mio GT injeksi juga bisa dibore up edan sampai 350 cc,” jelas Freddy Gautama dari Ultraspeed.

Enaknya lagi, ternyata klep Yamaha Mio GT sudah besar. Klep in 26 mm dan ex 21. Bandingkan dengan Yamaha Mio karbu yang klepnya kecil, klep in 23 mm dan ex 21 mm.



BORE UP 150 CC

Sebagai langkah awal atau step 1 project ini, dilakukan bore up blok silinder. Dipasangi piston 58 mm yang punya pen 13 mm. Kapasitas silinder meningkat jadi 155,6 cc.

Karena kapasitas silinder sudah besar, injektor standar yang debitnya hanya 90 cc/menit tidak cukup. Diganti dengan yang 135 cc/menit.

Dibarengi memperlancar pembuangan dengan aplikasi knalpot racing. Namun klep masih standar dan hanya memperbesar squish di ruang bakar sesuai diameter baru.

Rasio kompresi hanya dibikin rendah. Bermain di 10 : 1 karena buat harian. Juga bisa diisi bensin Premium bro. (www.motorplus-online.com)

 

Penulis : Fitria, Eka

Foto : Wilda

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular