Scorpio Z, Cerita Tentang Jogja

Motorplus - Senin, 7 Oktober 2013 | 10:39 WIB

Tak sekedar modif, tetapi ada literatur wisata Jogja

Meski kepincut karya-karya rumah modifikasi Krugger Overmil yang berasal dari Amerika Serikat, tapi yang diterapkan di Yamaha Scorpio Z ini jelas beda. Sang modifikator, tetap ingin menonjolkan daerahnya berasal. Ya, Yogyakarta!

“Saya ingin mengangkat budaya dan wisata daerah. Maka itu saya hadirkan tema Yogyakarta, meskipun motor ini beraliran cafe racer,” ungkap Dimas Fitriandi Christian, owner sekaligus modifikator dari D’chris Java Motorsport.

Jika dilihat secara detail, tiap part yang ada di motor ini seakan bercerita. “Cerita itu berawal dari tangki yang saya bikin dari pelat 2 mm. Perjalanan, dimulai dari stasiun Tugu sebagai salah satu tempat terkenal di Jogja. Setelah itu, Malioboro juga tertera di tangki,” tambah D’Mas, sapaan builder yang tak hanya kerjakan pacuan tema vintage.

Tangki, penuh cerita Jogja

Lalu, ada juga gambar candi-candi yang menjadi objek wisata di Kota Gudeg itu. Seperti Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang ada di bodi belakang. Tak hanya situs bersejarah itu saja, tetapi relief atau patung-patung yang ada di candi pun diboyongnya. He,he,he...

Permainan gambar dengan nuansa tembaga ini juga diperkaya detail-detail part yang juga dibikin dari tembaga. Misalnya di sisi bodi belakang atau di tangki. Untuk di tangki, tembaga dihiasi motif Scorpio. Sesuai tipe motor tuh. (www.motorplus-online.com)

 

Ban belakang gambot, ditemani dua silincer knalpot

 

Sasis custom

Selain membuat cerita bersejarah di pacuannya, D’mas juga membuat sasis custom di Scorpio ini. Menurutnya, sasis bawaan si Kalajengking hanya menyisakan bagian rumah komstir dan down tube saja. “Selebihnya, saya custom pakai pipa baja tebal 3 inci berdiameter 1/2 inci,” kata modifikator dari Jl. Bali No. 1, Nologaten, Padukuhan, Jogjakarta.

Begitu juga dengan lengan ayun. Dengan bodi yang sudah lebih besar, swing arm standar diganti pakai milik Kawasaki ZX-4. “Agar tampilannya lebih stylish, bagian tengah arm ini dicoak. Jadi, lebih dinamis kelihatannya,” tutup modifikator 32 tahun yang juga menjual part-part limbah moge itu.

 

DATA MODIFIKASI

Ban depan  : Bridgestone 120/70-17
Ban belakang  : Pirelli 180/60-17
Pelek : TK
Sok belakang : YSS
D’chris JM  : 0813-2771-5868

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular