Bikin Motor Adventure, Enak Buat Blusukan

Motorplus - Senin, 7 Oktober 2013 | 13:46 WIB

Namanya motor standar pabrik, banyak yang merasa kurang puas dengan performa Kawasaki KLX 150S diajak melibas trek adventure. Apalagi trek yang dilewati handycapnya beragam butuh ubahan yang mumpuni. Nah, biar KLX 150S lebih sakti membelah hutan berikut beberapa tips dan ubahan upgrade yang dibutuhkan. (www.motorplus-online.com)
 


MESIN
Jurus bore up bisa jadi andalan tingkatkan performa mesin dengan mengandalkan produk after market,  terdiri dari blok lengkap dengan piston diameter 63,5 mm, pin, ring dan paking. Tinggal bubut head aja buat meyesuaikan squisnya. Pilihan blok after market yang dijual satu set ini sekarang beragam ada Kawahara, CLD, dan TDR. Tipikal ketiga produk ini mirip-mirip ditawakan mulai dari harga Rp 750 ribu sampai Rp 900 ribuan.

 


KNALPOT
 Idealnya biar tarikan gas lebih responsip pada putaran bawah, bisa aplikasi knalpot racing lokal yang sudah banyak beredar. Bisa diikuti penggantian karburator tipe skep langsung macam PWK28 atau PE 28 yang lebih ekonomis.

 


PENGAPIAN
Pengapian kudu aplikasi CDI aftermarket. Ditawarkan untuk KLX 150S bisa aplikasi CDI BRT ataupun Kawahara harga dibanderol sekitar Rp 900 ribuan.

 


KOPLING
Biar kampas kopling standar enggak gampang aus dapat mengaplikasi pegas aftermarket yang lebih keras. Sudah banyak beredar di pasaran. Bisa juga aplikasi milik Ninja 150R karena ukurannya sama. Kalau mau lebih murah, ganjel pakai ring 2mm yang diameternya sama dengan per kopling itu.

 


KAKI-KAKI
Roda standar KLX 150 yang 19 inci depan dan belakang 16 inci masih kurang pas melintas kubangan. Harus diganti biar lebih aman pakai perpaduan depan 21 inci sedang belakang 18 inchi. Makin sip diikuti ubahan kedua suspensinya, lantaran arm belakang dimensinya kurang panjang. Kalau untuk sok depan selain bisa pasang upside down limbah kalau mau ngirit andalkan peninggi sok saja.

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular