Modifikasi : Yamaha V-Ixion 2010, Siap Perang Dengan Konsep Baju Perang

Motorplus - Senin, 4 November 2013 | 17:10 WIB

Besar dan berotot

Konsep modifi kasi tak hanya terpaut dari tema motor besar atau motor konsep saja. Buktinya, Yamaha Vixion ini dimodif karena sang modifi kator terinspirasi uniknya baju perang alias baju zirah tentara Jepang zaman dahulu.

Menurutnya baju perang milik tentara Jepang terlihat rapat-rapat dan lancip. Inilah yang jadi sumber inspirasi. Beruntung, Gatut Bagus Suhendro selaku pemilik V-ixion pun tidak keberatan dengan konsep yang diajukan. “Asalkan jadinya lebih kekar, enggak masalah. Toh, yang penting eye catching,” sebut Bagus.

Obelix Extreme Motorcycle (OEM) yang diberikan kepercayaan modif, langsung ‘training’ si V-ixion agar makin berotot. Cukup banyak yang dicustom pada bagian bodi. Desain deltabox punya Aprilia Diablo ikut diaplikasi.

“Paling banyak pengerjaannya di tangki, karena handmade. Sasisnya sendiri nggak maen buang, hanya penyesuain sedikit saja,” aku Zaky Amaly selaku modifikator OEM.

(Kiri atas)Buntut ikut dibikin lancip. (kiri bawah)Knalpot custom dari Obelix. (Kanan)Headlamp layaknya helm perang tentara jaman dulu


Tetapi, ketika tangki ikut ‘dibesarin’, rasanya motor terlihat ceking. Makanya sektor kaki-kaki turut dibikin besar juga. Pelek ngambil dari Honda NSR 500. Pelek ini punya lebar 3 inci buat depan dan 4 inci (belakang).

“Agar bisa dipasang, swing arm harus ganti. Lalu, pasang upside down dari Yamaha R6 buat sok depan,” beber modifi kator yang punya bengkel di Jl. Raya Condet, No. 18, Kelurahan Batu Ampar, Kramat Jati, Jakarta Timur ini.

Oh ya! Untuk lengan ayun, Zaky mengambil arm copotan dari Suzuki GSX 1000. Part ini, sudah komplit dengan monoshock-nya.

Lalu sebagai penutup cipratan kotoran dari roda depan, desain sepatbor Cagiva Raptor jadi pilihan. Tentunya, Zaky membuat ulang dari fi berglass layaknya cover bodi yang lain.

Kelar modif bodi dan kaki-kaki, baru terasa kalau tampilan menjadi lebih kekar dan besar. Tanpa diimbangi tenaga yang gede juga, pastinya bikin akselerasi jadi lambat. Maka itu, sektor engine ikut dibore up. “Piston ganti pakai Nova Dash, isi silinder jadi naik hampir 200 cc,” kompak Zaky dan Bagus. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular