Yamaha Byson 2011 (Solo), Street Fighter Touring

Motorplus - Senin, 4 November 2013 | 10:11 WIB

Makin besar dan mewah

Sejatinya, ada sedikit perbedaan antara motor sport turing dan street fighter. Terutama, dari sisi konsep yang dihadirkan dan ergonomi. Biasanya, pacuan sprot turing cenderung memiliki gaya riding yang lebih santai. Sedangkan street fighter, usung riding sigap nan tegak. Tapi, kedua gaya tersebut dijadikan satu di Yamaha Byson lansiran 2011 ini.

“Karena motor ini juga buat harian dan turing. Lewat paduan konsep itu, saya ingin menunjukkan juga karakter Byson sebagai pacuan street fighter,” sebut Tarsum Prabowo, owner Byson sekaligus modifikator dari Tarzoom Product.

Sosok besar ditonjolkan dari pemakaian shourd dan fairing tengah. Tetapi, bagian depan tetap dibiarkan polos tanpa fairing. Jadi, headlamp berdiri sendiri. Lewat permainan fiberglass shroud dibentuk ulang.

Setang dibuat lebih tinggi

Menariknya, ada lampu juga dibagian sayap tangki. “Lampu ini dibikin dari headlamp Yamaha New Jupiter Z. Tetapi dipotong atau dibelah jadi dua bagian untuk sisi kanan-kiri,” beber pria yang punya workshop di Jl. Veteran, Kel. Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah. Buat mempermudah servis mesin, modifikator 32 tahun ini membagi fairing menjadi delapan bagian. Empat bagian di sisi kiri dan empat bagian lagi di sisi kanan.

BORE UP JADI 204 CC
Sosok dan bobot Byson kini bertambah besar. Maka itu, Tarsum juga upgrade urusan engine. Dengan piston milik Honda Tiger oversize 3,00 kini linner Byson disesaki piston 67 mm. Tanpa ubah stroke, isi silinder jadi 204 cc.

Cover seat dicopot, maka jok kembali gaya standar

“Noken as juga sudah dibikin ulang durasinya. Lalu, CDI saya pakai milik BRT. Karburator, milik Keihin PE 28 mm direamer lagi venturi dan botol skep-nya jadi 31 mm,” aku pria yang mengerjakan cat, mesin dan modifikasi sendiri.

Menambah kesan sangar, Tarsum menerapkan saluran buang kanan-kiri juga. Menariknya, pembagian knalpot ini dilakukan sejak dari header alias kepala knalpot. “Totalnya ada empat knalpot dari CLD yang dipakai,” tutupnya.(motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan      : IRC 130/60-17
Ban belakang      : Swallow 160/60-17
Pelek depan      : Ride It 3,00X17
Pelek belakang  : Ride It 5,00X17
Tarzoom Product : 0858-6701-1885

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular