Continental GT dari Royal Enfield, Tetap Pertahankan Budaya Klasik

Motorplus - Jumat, 15 November 2013 | 14:10 WIB

Royal Enfield adalah sebuah brand klasik asal Inggris yang juga namanya sempat dibesarkan di India. Keunikannya terbilang cukup konsisten dari tahun ke tahun. Tapi sejak 50 tahun terakhir Enfield Manufacturing Company Ltd malah kurang greget membuat membuat kendaraan roda dua. Hingga akhirnya tahun ini mulai aktif lagi menelurkan produknya.

Salah satunya adalah Continental GT yang sudah mulai dipasarkan di Eropa. Bedanya, mereka tetap mempertahankan konsep klasik dari motor tersebut. Yaitu classic café racer dengan model bullet (khas Enfield), masih tertanam keras jika dilihat secara detail.

Meski demikian, tawaran dapur pacunya, tidak lagi menggunakan sistem konvensional. Mereka juga mengikuti perkembangn jaman dengan mengaplikasikan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi. Di sisi lain, penggunaan peredam kejut dari Ohlins pastinya bakal menunjang kenyamanan yang lebih baik bagi pengendara.

Motor ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 535 cc dengan konfigurasi 1 silinder. Tidak heran jika kompresinya sengaja dibikin cukup rendah yaitu 8,5:1. Meski demikian konfigurasi seperti ini memungkinkan Continental GT mampu memuntahkan 29,1 daya kuda pada putaran 5.100 RPM.

Enfield sendiri tidak mengurangi fasilitas standar yang terdapat di motor-motor konvensional, seperti kick starter dan electric starter. Untuk harga, rasanya tidak begitu mahal untuk spesifikasi motor berpakasitas 535 cc, yaitu sekitar 6.000 dollar Amerika, atau setara Rp. 66 juta rupiah. Tertarik? (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular