Modifikasi : Honda GL-Pro 1996 Pati, Aplikasi Street Fighter Sangar Tapi Tetap Manis

Motorplus - Jumat, 29 November 2013 | 06:19 WIB
motorplus
Modifikasi : Honda GL-Pro 1996 Pati, Aplikasi Street Fighter Sangar Tapi Tetap Manis

Modifikasi dengan konsep Street Fighter (SF), biasanya hanya mengumbar kesan sangar dan seram. Pernik serba tegas dan pilihan bodi yang seronok kental dekat dengan tampilan bergaya sedikit radikal. Namun beda dengan Anas Choirudin dari Dien’s Bike (DB), Jakarta. Dia mempertontonkan gaya SF yang menurutnya enak dilihat pada kuda besi miliknya sendiri ini.

Maksudnya, konsep SF tidak selamanya sangar. Namun modifikator akrab disapa Udin ini membuat ubahan modifikasi dengan gaya yang elegan. Cirinya dengan permainan detail kuat. Contohnya pada ubahan bodi dan sasis pada motor Honda GL-Pro milik lajang asli Kota Pati, Jawa Tengah ini.

“Saya sengaja membuat bodi yang lebih manis. Bentuk bodinya saya berkreasi dengan pensil dan kertas. Saya buat sketsanya lebih dulu, baru ubahan bentuk bodinya dimal pakai karton. Karakter kuat ditonjolkan dengan bentuk penuh lekuk dan menyiku sehingga walaupun warnanya putih polos namun tekstur bodinya terlihat,” buka Udin, pentolan Dien’s Bike (DB), Jakarta ini.

Bodinya memang menarik, berawal dari bentuk tangki yang terkesan slim namun nyambung dengan bodi belakang yang juga kecil. Buntut ini tentu saja single seater khas WJS. Tampilan serba slim nongol pula pada aksen air scoop dibagian bawah mesin, termasuk sayap tangki yang nemplok pada sasis. Terlihat apik apalagi sepatbor depan juga mengusung konsep serupa dengan bentuk kecil.

Pola bodi ini memang memperhitungkan bentuk sasis juga. Pada dasarnya, GL-Pro memiliki belulang yang kecil. Dan juga, Udin membuat tampilan sasis yang multifungsi. Maksudnya, “Rangka tubular saya buat model knock down. Semua bagian bisa dicopot. Jadi, bukan hanya terlihat bagus, namun ini lebih fungsional saat perawatan berkala,” jelas Udin yang buka gerai di Jl. Kolonel Sugiono No. 24, Pondok Bambu, Jakarta Timur ini.

Sasis baru ini menggunakan material pelat besi 3 mm seperti pada bagian bawah tangki. Baru dibuatkan dudukan baut untuk pipa bermodel tubular yang dirangkai secara knock down. Pipa Knock down ini dibuat secara terpisah-pisah, memudahkan saat mau servis karburator dan maintenance.

Juga pada bagian as lengan ayun yang menggunakan pelat lebih tebal yaitu 5 mm. Modifikator yang masih jomblo ini memperhitungkan kekuatan. Apalagi pelat ini juga sebagai dudukan bawah sub frame belakang sekaligus dudukan center of grafity motor. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Brigestone 120/70-17

Ban Belakang: Brigestone 180/55-17

Pelek: Delkevic

Sok depan: Cagiva Mito

DB: 0812-2818-8273

motorplus
Modifikasi : Honda GL-Pro 1996 Pati, Aplikasi Street Fighter Sangar Tapi Tetap Manis

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular