First Ride Kawasaki New KLX150L Kini Speknya Sudah Siap Tempur!

Motorplus - Rabu, 25 Desember 2013 | 09:11 WIB

Lebih percaya diri buat melibas trek off-road. Ini baru pacuan dual purpose

Rasanya, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mendengar ‘jeritan’ hati konsumen setia mereka. Karena kini, hadir varian terbaru dari pabrikan ‘geng ijo’ yang mengusung nama Kawasaki KLX150L. Biar enggak bingung, boleh dong Em-Plus menyebutnya dengan New KLX150.

‘Jeritan’ itu, mengenai hobi penyemplak KLX150 yang gemar membawa varian ber-spek bore 58 mm X stroke 54,4 mm (144 cc) ini adventure ke hutan atau trek-trek off-road. Banyak penyemplak yang mengganti lingkar roda yang standarnya 19 inci (depan) dan 16 inci (belakang) menjadi 21 inci buat depan dan 18 inci di belakang.

Jok two tone, makin stylish

Nah, hadirnya New KLX150L ini menjawab hasrat itu. Karena ditujukan bagi mereka yang memang tak ingin repot memodifikasi roda pacuan. Jadi ketika waktunya tiba, tinggal semplak jok dan tekan elektrik starter pun motor sudah siap tempur alias siap adventure.

Iya! Karena varian terbaru ini sudah mengaplikasi lingkar roda yang memang banyak diinginkan pecinta KLX150. Selain motor terlihat lebih besar dan gagah, kemungkinan menemui kendala saat melibas rintangan pun jadi lebih kecil. Adventure makin asyik.

Tapi, apa betul? Maka itu, Em-Plus coba merasakan buat melibas trek agak extreme dengan medan berbatu dan tanah. New KLX150L ini pun diajak riding. Di jalan kerikil nan datar, handling yang diberikan seakan tak ada ubahan dengan KLX150S (generasi KLX pelek 19/16 inci).

Knalpot tampil lebih sporty-dinamis

Padahal dengan pemakaian lingkar roda yang besar ini, dimensi motor ikut berubah lho. Misalnya dari panjang keseluruhan motor yang sebelumnya 1.980 mm, kini menjadi 2.080 mm. Itu artinya, bertambah panjang 10 cm. Begitunya, kontrol pacuan tetap stabil buat disemplak.

‘Sesuatu’ yang baru itu, juga membuat tinggi jok ke tanah ikut berubah. Kini, tinggi bertambah 4,5 cm. Tetapi, dengan tubuh pengendara yang bermain di 170 cm keatas, rasanya itu bukan kendala berarti. Kedua kaki bisa menapak sempurna.

Tak perlu ganti roda lagi kan?

Kini, saatnya KLX150L diajak melibas di gundukan tanah dan bebatuan. Dengan berubahnya ground clearance yang kini menjadi 300 mm (255 mm di KLX150S), rasa percaya diri ikut bertambah. Dengan mudah, gundukan tanah dan bebatuan mudah dilibas mulus.

Mungkin, juga karena peran antara sok depan-belakang saling bersinergi buat meredam guncangan akibat perubahan medan. Akibatnya, handling yang diberikan untuk motor trail 150 cc ini juga lebih mudah dikendalikan. Fisik pun tak cepat lelah. Sayang, keterbatasan trek tak membuat asa Em-Plus belum terpenuhi buat bermain lebih bersama New KLX150S ini.

Tunggu test ride-nya ya! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular