Modifikasi Yamaha Scorpio 2006 Batulicin Namanya Rimba Ria!

Motorplus - Kamis, 26 Desember 2013 | 14:42 WIB

Yamaha Scorpio bergaya Jap style ini punya nama bro. Beneran neh. Yuk, kenalan dulu. “Namanya Rimba Ria (RR). Diberi nama tersebut karena saya tinggal di Batulicin, Kalimantan Selatan, yang masih banyak rimbanya,” kekeh Leonardo Christo Arnanditya yang sejatinya asli Malang, Jawa Timur namun berwiraswasta di Bumi Borneo. Tepatnya di Tanah Bumbu, Batulicin.

Kebetulan memang Leo, sapaannya, bertemu Em-Plus di sana. Singkatnya pengelola LR Mart yang berlokasi di Jl. Raya Sungai Kecil tersebut, kenalan dengan RR yang basicnya dari Yamaha Scorpio lansiran 2006. Asyiknya lage, motor itu dimodifikasinya alone maksudnya dewek alias sendiri.

“Maklumlah nang ndeso pelosok bro, enggak ada bengkel rujukan modifikasi. Semua dirancang sendiri,” lanjut ayah 2 putra itu bangga.

Acung jempol deh dengan kerapihan detil RR. Kesan Japs dengan bodi belakang buntung tanpa ninggalin sepatbor buritan kesankan simpel. Namun, tetap gagah nan sangar. Ini akibat ban Swallow 4,00x18 yang tertanam di depan dan buritan. Suspensi pun terlihat diganti bro. Depan mengusung upside down, sedangkan buritan ditopang monosok YSS.

Oh ya, ubahan sasis juga dilakukan. Utamanya sasis buritan. Dirancang bentuk U dan sedikit dilebarkan. Di bagian buritan itu, terdapat pipa besi bulat bolong dengan diameter sekitar 1,5 cm yang dilas melintang diantara batang sasis U tadi.

Kata Leo, kelak bagian itu bisa digunakan untuk dudukan papan surfing, juga tas. “Supaya motor ini berfungsi lebih. Tak hanya mantap buat riding. Tapi, juga bisa buat sarana angkut bila kulakan barang. Ya mirip di Jawa deh,” tawanya ngakak.

Detil lainnya juga menarik, bro. Sebut deh tangkinya yang sengaja dilabur orange namun doft. Bentuk tangki yang begitu tampak luwes, serasi dengan style yang dimaksud. Bahkan, seumpama mau ganti gaya ala cafe racer, enggak perlu tangki lain lagi kan.

Intip pula detil ruang kosong bawah jok. Tak dibiarkan tanpa penutup. Plat besi dengan aksen bolong-bolong bulat dicustomnya sendiri. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: Swallow 4.00X18

Ban belakang

: Swallow 4.00X18

Tangki

: Custom

Monosok

: YSS

Knalpot : Custom

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular