Rear Wheel Steering, Teknik Cepat Menikung di Ajang Balap Dunia

Motorplus - Jumat, 27 Desember 2013 | 10:48 WIB

Rear Wheel Steering di MotoGP, cenderung terjadi di tikungan medium dan high speed

Di ajang balap sekelas Moto2 dan MotoGP sekarang, menikung dengan cara Rear Wheel Steering (RWS) alias ngepot di tikungan, wajib bisa dilakukan semua pembalap. Lantaran kebanyakan karakter tikungan medium hingga high speed (cepat), bisa membuat proses menikung lebih cepat.

Tapi tidak semua pembalap bisa melakukannya, dibutuhkan teknik dan strategi tepat agar aplikasi RWS berjalan lancar. Lantaran jika salah dalam mengaplikasikannya, kemungkinan terjatuh dari sudut high side dan cedera, sangat besar.

Lagipula, teknik ini dianggap tidak diperlukan, jika rangka motor memang sudah cukup fleksibel. Hanya saja, memang ada yang melakukannya, karena dirasakan cocok untuk gaya balapnya. Seperti yang dilakukan Casey Stoner dan Marc Marquez.

Di kelas Moto2 tekniknya kebanyakan dilakukan di zona pengereman saat deselerasi

Cara melakukannya pun cukup beragam. Salah satunya dengan cara memindahkan bobot berat badan ke depan. Ada juga yang mengaplikasi teknik pelintir tuas gas yang berlebih, dibarengkan dengan sudut kemiringan motor yang lebih banyak.

Di artikel selanjutnya, kami akan membahas ragam teknik rear wheel steering ala pembalap dunia. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular