Modifikasi Honda C70 1980 Surabaya, Bobber Cub

Motorplus - Selasa, 31 Desember 2013 | 06:42 WIB

Jonathan Evan memang masih tergolong baru sebagai modifikator. Itu karena dulu, doi adalah sebagai pemain kontes modifikasi. “Prinsip saya enggan untuk meniru pakem yang sudah ada, makanya saya membuka bengkel yang tak terpatok satu aliran modifikasi saja,” buka Jon, sapaan akrab Jonathan.

Sebagai maskotnya, Jon rela menjadikan Honda C70 miliknya dirombak total dengan menerapkan prinsipnya. “Basis aliran dasarnya sih city cub, hanya saja ada beberapa bagian yang saya ubah supaya tidak murni city cub. Arahnya ke genre bobber,” tambahnya.

Kalau melihat setangnya sudah meniru aliran modern minimalis, hanya saja diaplikasikan dengan setang milik Honda Monkey yang dipotong dan dibalik. “Lebih pendek dan lebih merunduk, dengan penambahan sok milik sepeda anak-anak,” tunjuk Jon sembari menjelaskan cara kerjanya.

Gaya city cub juga diaplikasikan pada bodi belakang yang dipangkas abis minus sepatbor. Bedanya, bodi belakang tidak hanya dipotong saja. Melainkan diperlebar. “Dipanasi dan dilebarkan supaya ban berukuran 130/90-17 bisa masuk di bagian belakang,” terang juragan rumah modifikator Minority Custom ini.

Pembedanya lagi bisa dilihat pada bagian swing arm yang mengaplikasi aliran chopper, pipa besi dengan diameter 25,4 mm dijadikan pilihan untuk mengapit roda bagian belakang. “Modelnya V, tetapi itu menembus dan menyatu antara sisi kanan-kiri supaya tumpuan makin kuat,” kata Jon dari Jl. Gunung Anyar Harapan ZA No. 21A, Surabaya, Jawa Timur ini.

Satu lagi yang bikin menyita perhatian. Ketika dipakai jalan, cara pengopreasian perpindahan gigi sudah kayak mobil. “Saya sengaja bikin tuas untuk perseneling dari bahan pipa cor yang panjangnya 45 cm,” tutup Jon dengan memperagakan kinerja pipa perseneling. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan: Mizzle 3,00X17

Ban belakang: Kenda 130/90-17

Pelek depan: DID 2,15X17

Pelek belakang: Variasi 2,5 inci

Minority Custom: 0896-7791-6303

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular