Kedigdayaan Bridgestone Selama 6 Musim, Tercoreng di MotoGP Phillip Island 2013

Motorplus - Kamis, 2 Januari 2014 | 11:22 WIB

Cacat selama 6 tahun di Phillip Island

Setelah 6 tahun Brigdestone jadi ban tunggal MotoGP, tahun 2013-lah produsen karet bundar Jepang itu tercoreng nama baiknya. Di MotoGP seri Phillip Island, Australia, Bridgestone dapat pukulan telak. Ban yang simbolnya B ini tidak bisa menerima perubahan aspal Phillip Island yang dilapis ulang awal 2013.

Karena itulah muncul peraturan balap flag to flag alias mengganti motor saat balapan. Seandainya dipaksakan 20-an lap lebih, korban akan berjatuhan.

Meski begitu, pihak Bridgestone menganggap kasus di Phillip Island bukan salah mereka. Jadi, pihak Bridgestone enggak perlu minta maaf.

“Kita sudah antisipasi dengan cepat, tapi temperatur aspal musim ini jauh lebih tinggi dibanding musim lalu. Makanya, saat di Philip Island langsung kita minta supaya jumlah lap dibagi untuk waktu penggantian ban,” ucap Shinji Aoki, Ma-nager, Bridgestone Motorsport Tyre Development Department.

Tapi, cacat dari peristiwa di Philip Island masih diimbangi dengan terobosan yang dilakukan Bridgestone. Bridgestone mengeluarkan beberapa tipe yang tidak dikeluarkan tahun lalu.

Balapan kelas para raja seri Motegi, Jepang bisa diingat. Di sirkuit yang panjangnya 4,8 km ini Brigdestone mengeluar tipe terbaru ban belakang supersoft dan ekstra soft asimetrik.

Karet bundar supersoft dan ekstra lembut asimetrik bikin Jorge Lorenzo melesat. Ban sangat lembut yang asimetrik mendukung karakter trek Motegi.

“Di beberapa tikungan Motegi butuh pengereman yang keras. Tambahan lagi aspal trek sangat lengket dan didominasi tikungan ke kanan. Itulah kenapa saat di Motegi kami mengeluarkan supersoft kompon,” ujar Aoki lagi.

Biar enggak lupa, ban asimetrik itu komponnya berbeda sisi kanan dan kiri untuk satu ban. Perbedaannya tingkat kekerasan atau kelembutan kompon.

Ban asimetrik digunakan saat jumlah tikungan sirkuit tidak seimbang. Seperti di Motegi jumlah tikungan ke kanan ada 8 dan belokan ke kiri ada 6.

Brigdestone pun mengeluarkan tipe terbaru asimetrik di sirkuit Sachsenring, Jerman. Kelokan ke kiri ada 10, sedangkan corner ke kanan cuma ada 3. Tapi, di MotoGP Jerman tidak diperkenalkan racikan kompon khusus. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular