Modifikasi Yamaha Scorpio 2005 Purwokerto, Stunt Rider Punya Gaya

Motorplus - Rabu, 8 Januari 2014 | 06:39 WIB

Biasanya ubahan modifikasi untuk stunt rider (SR), lebih mendekat pada ubahan Street Fighter (SF). Namun berbeda dengan Ody Raditya Setiawan asal Kota Mendoan, Purwokerto, Jawa Tengah. Pengantin baru yang selalu tampil klimis ini, dulunya merupakan seorang SR beken asal kota kelahiran Mayang Sari tersebut.

Makanya saat disodorin konsep motor bergaya SR, Siswo Winoto dari rumah modifikasi Wins Paddock (WP), Purwokerto sedikit bingung. Maksudnya bingung menentukan ubahan dan kombinasi pilihan kaki-kaki yang cocok untuk beban berat. Sebab motor untutk SR harus memiliki performa tinggi pada pilihan komponen kaki-kaki. Karena motornya pasti sering dibejek sekuatnya.

“Untuk bodi saya pilih gaya Flat Track (FT), biasanya kan motor untuk SR lebih condong pada bentuk SF. Sebagai bukti motor FT juga bisa buat SR. Makanya saya fokus pada pilihan komponen roda dan sokbreker, karena bebannya paling berat,” buka modifikator dari JL. Sunan Ampel No. 5, Pabuaran, Purwokerto ini.

Untuk ubahan bodi yang mengambil tema SR, modifikator yang gaul disapa Wiwin ini konsen ubah bodi dengan racikan FT. Contohnya model tangki klasik khas FT yang simpel. Beda sama sekali dengan tangki bawaan orisinil Scorpio.

Tangki ini memakai material plat yang dipermak mudah dikempit pada bagian belakang. Dimensinya pun tidak begitu besar namun terlihat dinamis.

Apalagi konsep ST begitu kental pada bagian buntut. Bentuknya klasik dan sederhana. Untuk bagian sub frame tentu saja diolah lagi. “Saya potong sekitar 40 cm. Saya pakai pipa 22,5 mm sebagai sasis baru, tetapi saya bentuk lebih sederhana karena sub frame lebih padat,” jelas modifikator yang akan segera menikah ini. Wah, kosumennya duluan tuh!

Asyiknya, racikan modifikator 28 tahun ini keren secara tampilan visual keseluruhan. Walaupun memakai kelir gelap untuk finishing, namun ubahannya menarik. Contohnya pada bentuk jok berkerut bernuansa klasik. Kulit jok MBTech ini dipola berkerut agar makin terlihat lawas sesuai konsep SR.

Sedangkan untuk performa sikilan, ajrutan Aprilia RS125 terlihat kokoh pada bagian haluan. Pasangnya, Wiwin merubah ukuran laher komstir agar as Aprilia bisa masuk pada as komstir Scorpio. Sedangkan tampilan modern Scorpio yang aslinya monoshock diubah bergaya lawas dengan swing arm handmade.

Materialnya menggunakan plat besi 3 mm yang dibentuk mengotak dan dibuatkan dudukan sok pada ujung belakang. Sebab konstruksinya diubah dobel sok, memakai sok belakang Ohlins.

Mantap! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: Deli Tire 120/70-18

Ban belakang

: Deli Tire 130/80-18

Pelek

: TK 2,50X18

Setang

: Renthal

WP : 0815-4888-6755

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular