Kampas Rem Belakang Yamaha Xeon Lebih Pakem, Meski Ukuran Sama Untuk X-Ride dan Mio Soul!

Motorplus - Rabu, 15 Januari 2014 | 07:36 WIB

Warna kampas rem Xeon lebih cerah

Yamaha Xeon memang tampil sedikit berbeda jika dibandingkan dengan skubek keluaran Yamaha lainnya. Paling mencolok, kapasitas mesin yang diusung jauh lebih besar. Tentu hal ini ikut berpengaruh pada part lainnya, tak terkecuali rem.

Sobat yang pernah mencoba langsung matic Yamaha 125 cc ini, pasti merasakan perbedaan di sektor pengereman. Banyak yang merasakan kalau rem belakang Xeon jauh lebih menggigit dibandingkan yang lain ketika digunakan.

“Rem belakang Xeon memang berbeda. Paling terlihat di bagian kampas rem, punya Xeon menggunakan kode part 1LB-F530K-00. Mungkin sengaja dibuat berbeda karena kapasitas mesin Xeon memang lebih besar,” ucap Budi Priyanto, kepala mekanik dealer Yamaha Putera Ragunan, Jakarta Selatan.

Xeon lama, part number sama dengan Jupiter MX

Dengan kapasitas mesin yang lebih besar, tenaga yang dihasilkan mesin tentu ikut besar. Maka sangat wajar jika pihak produsen memberikan peranti pengereman yang lebih baik demi faktor keselamatan. Kalau dilihat dari kampas rem model lain seperti Yamaha Soul GT dan X-Ride memang berbeda. Skubek berkapasitas 115 cc itu, menggunakan kampas rem berkode 5MX-F530K-00.

Tetapi, meski memiliki kode part yang berbeda, desain dan dimensi kampas rem X-Ride, Soul GT dan Xeon sama persis. Jadi bagi sobat yang ingin menerapkan kampas rem Xeon di model lainnya, bisa langsung pasang tanpa harus melakukan penyesuaian apapun. “Kalau mau substitusi bisa langsung pasang. Paling penting kalau beli kampasnya di dealer Yamaha, kasih tahu kode part pada penjaga. Agar tidak salah,” tutup Budi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular