Merangkai Kabel Ties di Motor, Tak Hanya Sekadar Pengikat Tapi Juga Sisi Estetika

Motorplus - Sabtu, 18 Januari 2014 | 11:51 WIB

Siapkan perangkat kabel ties dan potongan slang hawa 

Kabel ties pada motor memang banyak fungsinya. Itu karena ada beberapa part yang memang harus dipasang dengan pengikat dari bahan plastik ini. Apalagi buat motor balap macam road race atau drag bike, butuh kabel ties untuk mengikat beberapa bagian partnya biar lebih simpel dan enggak banyak makan aktu saat melepaskannya. 

Nah, bagi Ocit yang mekanik dari tim balap drag bike GF Racing, fungsi kabel ties bukan hanya sekadar untuk mengikat. “Cara menggunakan kabel ties dapat dirangkai dengan baik, biar tampilannya memiliki estetika yang enak dilihat,” ujar mekanik yang basecamp-nya di bilangan Kedoya, Jakarta Barat.

Seperti yang dilakukan untuk membuat dudukan kabel gas ataupun kabel rem pada motor drag garapannya. “Kabel gas atau kabel rem ini saya ikatnya enggak langsung nempel ke bodi, tetapi dibuat jarak sekitar 0,5 cm sampai 1 cm dari bodi. Jadi, lebih rapi dan kabelnya enggak bersliweran kemana-mana,” jelas mekanik bertubuh gempal ini.

Selain buat motor balap, metode merangkai ini juga bisa diaplikasi buat motor harian atau yang yang arah modifikasinya racing look. Cara merangkainya, juga enggak susah kok! Siapkan saja beberapa perangkatnya seperti beberapa kabel ties dan slang hawa beraneka warna.

Kabel ties sudah terpasang pada rangka motor 

Pakai slang aneka warna ini biar lebih menarik saat menempel di motor. Ini bisa manfaatkan potongan dari slang hawa yang biasa dipakai untuk variasi skubek. "Kabel ties, kalau mau lebih menarik juga bisa pakai yang berwarna juga biar matching dengan kelir body motor," lanjut Ocit lagi.

Kemudian tentukan dudukan kabel yang akan ditempel ke rangka bagian motor. Selanjutnya, potonganlah slang hawa tadi. Ukurannya mulai dari 0,5 cm sampai 1 cm sesuai kebutuhan. Potongan slang ukurannya harus sama, itu biar rapi saat dipasangnya. 

Selanjutnya saat mengikat kabel rem atau kabel gas dengan kabel ties sebelum dikunci, masukan selangsong selang berwarna yang telah dipotong sesuai kebutuhan. Setelah itu, baru ikat dan kunci kabel ties satu-persatu. “Oh ya, jangan lupa atur jarak ikatan kabel ties tadi ya. Jangan sampai terlalu rapat atau renggang juga kala memasangnya,” tutup Ocit. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular