Pasang Voltmeter di Dashboard Motor, Bisa Sembari Pantau Pengisian Arus di Aki

Motorplus - Minggu, 19 Januari 2014 | 07:15 WIB

Bisa pantau tegangan pengisian setiap saat

Di motor injeksi, tegangan baterai wajib diperhatikan dan dicek bila jam terbang kendaraan mulai tinggi. Pasalnya, bila aki atau arus pengisian bermasalah, ente bakal repot sendiri. Begitu pula di motor yang banyak mengaplikasi perangkat kelistrikan tambahan.

Produk Koso, banyak ditemui di pasaran

Nah, untuk memantaunya setiap saat sebenarnya mudah. Bahkan bisa dilakoni sembari mengemudikan motor kesayangan. Tidak perlu pakai repot colok multitester atau AVO meter. Yakni dengan cara, tinggal pasang deh voltmeter variasi yang kini banyak dijual di pasaran, iya toh?

Contoh seperti yang diaplikasi pada Honda CBR 250 milik customer bengkel Ultraspeed Racing (USR) di Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini. “Pakai voltmeter digital merek Koso. Harganya Rp 275 ribu. Pemasangannya simple, cuma ada 2 kabel. Satu ke setrum yang keluar dari kunci kontak. Satunya lagi ke ground atau massa,” ujar Freddy A Gautama, owner USR.

Arusnya bisa ambil dari kabel setrum switch rem

Untuk setrum, bisa ambil jalur yang terdekat dengan posisi pemasangan voltmeter. "Misalnya bila ditempatkan di dasbor dekat setang, setrumnya ambil dari switch rem," tukas Freddy. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular