Perkuat Jalu Standar Tengah Skubek Honda, Perlu Tambah Tiang Lagi

Motorplus - Selasa, 21 Januari 2014 | 12:40 WIB

Jalu standar tengah meleot seperti ini berbahaya lho

Biar mudah memarkir motor pakai standar tengah tanpa harus keluarkan tenaga ekstra untuk ngangkat bagian belakang motor, umumnya kita kudu nginjak jalu standar tengah.

Nah, ritual ini ternyata bisa mendatangkan masalah di beberapa skubek Honda. Apalagi kalau dilakukan oleh pemilik badan gede alias yang punya berat lebih. Karena bisa bikin jalu standar tengah jadi meleot (miring) ke bawah.

Tambah pelat atau batang besi saat dilas untuk memperkuat

Hampir setiap hari, Em-Plus nemuin beberapa skubek Honda yang mengalami hal tersebut. Bahkan pernah juga mengalami sendiri di Scoopy karbu keluaran 2010. Ketika dicek, ternyata las-lasan pangkal jalu standar tengah bagian sedikit sobek.

Untuk mengatasinya, mau tak mau pangkal jalu yang sobek tadi dilas ulang. Tapi, tidak asal dilas lho bro! Ada teknik penguatannya, itu biar jalu tak gampang meleot lagi.

Bekas las-lasan dicat ulang pakai cat semprot biar tak karatan

“Pada sambungan jalu ke standar tengah bagian dalam yang tidak ada pelat atau tiang penguatnya, sebaiknya ditambahin batang besi cor atau pelat tebal. Kemudian dilas nyambung dari pangkal jalu ke tiang standar tengah,” saran Agus, spesialis las knalpot di Depok Timur, Jawa Barat yang pernah nanganin hal serupa di motor konsumennya.

Biar lebih jelasnya, silahkan lihat foto berikut. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular