Tes Knalpot Standaran AHRS, Meski Tampang Standar Namun Performanya Gahar, Sob!

Motorplus - Selasa, 21 Januari 2014 | 14:20 WIB

Uji dyno mencatat kenaikan sebanyak 0,7 hp dan 0,3 Nm

Sejak sering dirazianya knalpot racing, tak sedikit penyuka kecepatan beralih pakai knalpot standar. Tapi, biar aliran gas buangnya lebih lancar, saringan dalam silencer dibobok. Gak peduli meski knalpot bawaan pabrik harganya mahal. Itu pun suara yang dihasilkan kadang masih keras.

Nah, kalau sayang knalpot standar dibobok, tebus saja yang aftermarket namun bentuknya kayak standar pabrik, tapi free flow. Toh, ada yang suaranya halus. Salah satunya bikinan AHRS yang bermarkas di Jl. Tole Iskandar No. 162, Depok Timur, Jawa Barat. Ada untuk Honda BeAT/Scoopy/Spacy.

Klaimnya, knalpot ini bisa naikin horse power hingga 0,5 dk. “Suaranya lembut, terukur cuma 89,1 desibel. Bisa buat mesin bore up,” tukas Aung, kepala toko AHRS sembari kasih tau banderolnya Rp 450 ribu untuk yang leher knalpotnya dari pipa biasa, dan Rp 470 ribu yang pakai bahan stainless.

Tekanan suara di putaran 5.000 rpm terukur cuma 89,2 db

Untuk membuktikannya, Em-Plus coba pinjam 1 unit knalpot tersebut yang lehernya berbahan stailess, lalu diuji di atas mesin DynoMite milik Ultraspeed Racing di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Suara yang dihasilkan juga diukur pakai sound level meter keluaran Krisbow.

Pengujiannya di Honda Scoopy Fi yang mesinnya sudah diporting, pakai ECU stand alone BRT Juken 2, piston Vario 110 standar, roller 10 gram rata. Hasilnya, saat masih pakai knalpot standar, power maksimum hanya menyentuh angka 8,2 hp di 7.100 rpm. Sementara torsinya 8,1 Nm di 6.900 rpm.

Grafik hasil dyno

Begitu diganti pakai knalpot standaran bikinan AHRS, peak power langsung melonjak jadi 8,902 hp @9.818 rpm. Sedang torsi puncak jadi 8,457 Nm @6.675 rpm. Lalu ketika diukur suaranya di tempat terbuka, padas kondisi langsam berada di level 84,6 db. Sementara di putaran 5.000 rpm terukur cuma 89,2 db. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular