Per Kick Starter Honda CB, GL dan Tiger Series Rawan Patah! Mesti Hati-hati, Bro

Motorplus - Kamis, 30 Januari 2014 | 07:14 WIB

Jangan paksa kalau mesin susah hidup. Begini akibatnya

Meski jarang terjadi, kalian para bikers pasti pernah lihat kick starter di motor sport Honda CB, CG, GL atau Tiger series diikat tali ke mesin atau batang sasis terdekat. Kalau sampeyan tanya ke pemilik motornya, bakal dijawab biar batang pemutar kruk as itu tidak jatuh lagi ke bawah. Terutama  begitu mesin bisa hidup tetapi tidak pakai elektrik starter.

Yang ideal, kick starter secara otomatis balik ke posisi semula (atas) begitu mesin bisa hidup. Sebab peranti yang didukung gir satu arah (one way) itu juga dilengkapi pegas pembalik. Sehingga batang slah tidak mungkin turun kembali meskipun gir satu arah berputar mengikuti putaran rumah kopling. Dan, kalau pegasnya sudah patah, jangan harap bisa seperti sediakala.

“Memang benar. Kalau ada batang slah Honda GL atau Tiger yang diikat ke mesin, biasanya per-nya patah. Sehingga slah yang posisi gir one way-nya bebas dan tidak bisa lagi ditahan pegas pembalik. Maka maunya turun terus. Nah, biar aman makanya bagian atas slah diikat ke mesin atau sasis,” ucap Bang Dion dari Dion Motor.

Per kick starter patah memang jarang terjadi. Tetapi kalau sudah dialami motor jenis ini, apesnya tidak bisa langsung diperbaiki lantaran posisi pegas ada di dalam ruang girboks. Beda sama motor sport merek lain yang pegasnya terpasang di ruang bak oli mesin. Makanya musti belah mesin untuk memperbaikinya.

“Kebanyakan sih nunggu sampai servis besar buat memperbaikinya. Sebab part seharga tidak lebih dari Rp 100 ribu (original) itu, nggak sebanding sama ongkos bongkarnya yang mencapai 3 kali lipat. Makanya mending diikat meski terlihat jelek,” imbuh mekanik di Jl. Krukut Raya No. 34A, Limo, Depok, Jawa Barat.

Agar per tidak sampai patah, Dion kasih saran agar tak gunakan slah berulang-ulang pada saat mesin sulit dihidupkan. Pasalnya kekuatan per saat itu jadi berkurang. Usahakan ganti pegas original jika patah, kerena kualitas materialnya lebih bagus dan tahan lama. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular