Modifikasi Honda PCX 150 2012 Bandung, Inikah Matic Pertama di Dunia Bergaya Board Tracker?

Motorplus - Selasa, 4 Februari 2014 | 06:50 WIB

Ini dia modifikasi yang bisa dibilang pertama di dunia. Wajarnya, ubahan modifikasi mengusung tema boardtracker itu berbasic motor sport. Peterson yang lajang asal Bandung, Jawa Barat ini memberanikan diri mengobrak-abrik Honda PCX 150 miliknya bergaya ala motor balap era perang dunia pertama ini.

Tentu saja untuk mengaplikasi ubahan tersebut, bentuk dan cirikhas skubek hilang total. Tampang Amrik, bukan berarti jiwa kebarat-baratan. Owner sekaligus kreator pacuan balap klasik ini sejatinya keturunan Korea yang besar di kota kembang, Bandung. Jadilah suatu tunggangan retro yang penuh culture lintas benua.

”Jelas memiliki tantangan tersendiri membangun aura boardtracker berbasis skubek. Gaya old schol asal Amerika berbasis motor Asia, lalu coba aku masukan unsur budaya khas tanah Pasundan,” urai punggawa bengkel berngaran Zone Modified Project (ZMP) ini.

Demi mewujudkan konsepnya, mesinpun harus rela berpisah dengan rangka.Peter, sapaan akrabnya, mengakui pembuatan frame mengalami beberapa kali ubahan. Itu karena butuh presisi.

Selain itu, ukuran pipa besi juga menentukan agar tampilan motor terlihat proposional. Pasalnya, mesin skubek yang mulanya berada di belakang sebelah kiri bodi, kini posisinya digeser ke bagian tengah. Hal ini, membuat transfer penggerak roda belakang memakai gir.

“Setelah beberapa kali uji coba, dipilih pipa seamless diameter 3 cm buat main frame. Sedang pipa bagian depan, pakai diameter 2 cm,” aku pria modifikator yang gemar fitnes ini. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: Swallow 90/90-21

Ban belakang

: Swallow 90/90-21

Sok depan

: Yoshimura

Sok belakang

: Yoshimura

ZMP : 0899-9492-727

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular