SUS Wool Alias Stainless Wool, Serat Besi Buat Knalpot Bisa Bikin Suara Merdu dan Padat

Motorplus - Kamis, 13 Februari 2014 | 07:19 WIB

Redam vibrasi dan ngebas

SUS Wool alias stainless wool bikin suara mesin jadi merdu. Nada yang liar dari putaran mesin jadi lebih ngebas. Itulah yang bisa didengar dari knalpot Honda CB150R Street Fire, Verza, dan Honda New Mega Pro FI.

“SUS singkatan Steel Use Stainless. Secara umum ya disebut stenlis wool. Ini berpengaruh dengan suara yang dihasilkan dari knalpot,” ujar Chaidir T. Setiawan dari PT. Yutaka Manufacturing Indonesia (YMI). YMI produsen saluran buang untuk motor Honda.

Artinya, tingkat redaman SUS wool lebih tinggi dengan kebisingan yang dihasilkan knalpot dibandingkan menggunakan glasswool. Kerapatan struktur material stenlis wool lebih sempit diban-dingkan glass wool. Inilah yang bikin suara mesin jadi lebih mendem.

Stenlis wool gulungan

“Tambahan lagi ujian pakai SUS wool jauh lebih panjang dibandingkan glass wool. SUS wool jauh lebih tahan dengan temperatur tinggi hasil dari gas buang,” kata Chaidir yang berkantor di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Ada kelebihan lainnya dari stenlis wool, potensi mass loss rendah. Maksudnya, suara yang dihasilkan mesin pastinya bisa menimbulkan getaran di knalpot. Dengan menggunakan stenlis wool, vibrasi yang dihasilkan rpm mesin akan bisa diredam saat dibuang ke knalpot.

Inilah yang enggak dimiliki glass wool. Eranya glass wool dianggap punya usia yang pendek karena usia penggunaannya memang pendek. Tapi, pakai SUS wool, suara yang dihasilkan pun semerdu bas stereo. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular