Substitusi Kampas Rem Suzuki Skywave, Pakai Punya Honda Supra X125, Sama-Sama Mumpuni

Motorplus - Minggu, 16 Februari 2014 | 10:00 WIB

Kampas rem depan Supra X125 (atas) dan Skywave bentuknya podo ae

Di daerah, terutama luar Jawa, kadang nyari spare part Suzuki Skywave agak susah. Sekalipun itu komponen fast moving macam kampas rem cakram.  Sekalinya ada, umumnya di beres alias bengkel resmi yang biasanya berlokasi di kota besar.

Kampas rem cakram Suzuki Genuine Part (SGP) skubek berlogo S ini banderolnya tak mahal. “Price listnya di kami cuma Rp 35 ribu,” kata Agit, bagian spare part beres Suzuki Dipa Motor di Depok Timur, Jawa Barat.

Tenang bro! Kalau ente perhatikan, bentuk kaliper Skywave itu sama persis dengan saudaranya, yakni Skydrive, Spin atau Satria F-150. Nah, kalau kampas rem depan ori ketiga motor ini juga sulit ditemui, tengok lagi deh kaliper depan Honda Supra X125. Sama kan? Dijamin deh isinya (kampas) juga sama persis. Wong kaliper yang dipakai vendornya sama-sama dari Nissin kok.

Kampas berserat besi gede cenderung cepat menggerus piringan

Kalau kampasnya Supra X125, di permukaan pelat kampas biasanya ada tulisan Nissin Chemco. Sementara pada kampas rem keluaran SGP bertuliskan logo S. “Harganya sama, Rp 35 ribu,” bilang Fery, punggawa Victory Motor di Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakbar.

Mengenai kemampuan menggigit piringan cakram, dari hasil uji Em-Plus, baik kampas rem ori Supra X125 dan Skywave sama-sama mumpuni. Hanya saja kampas rem asli Supra X125 lebih cepat habis. Hanya mampu bertahan sekitar 4 bulan dengan jarak pemakaian per hari sekitar 70 – 100 km.

Produk aftermarket bisa jadi alternatif

Sementara kampas rem ori Skywave bisa sampai 5-6 bulan. Namun, sayangnya cepat makan piringan. Soalnya kalau diperhatikan, kandungan serat logam pada kampas tampak lebih gede-gede dibanding punya Supra X125.

“Mau hemat, bisa pakai produk aftermarket merk ZSW. Harganya cuma Rp 15 ribu. Kemampaun pengeremannya gak kalah dengan kampas ori dan lumayan awet. Anak-anak Ninja 250 aja sering pakai produk ini,” papar Fery. Tinggal pilih deh, bro? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular