Modifikasi Yamaha RX Special 1994 Banjarnegara, Supir Truk Punya Gaya

Motorplus - Sabtu, 22 Februari 2014 | 06:55 WIB

Disela rutinitas sebagai supir truk antar kota antar provinsi, Udin yang owner Yamaha RX Special jadul ini punya hobi adventure. Driver yang sering lintas provinsi ini memang maniak untuk urusan garuk tanah. Asyiknya, bukan sembarang konsep yang dianut. Namun harus memiliki tampilan yang kece sekaligus fungsional nyaman dipakai melahap handicap khas adventure.

Dibantu Heri Wowok dari workshop Wowok Mandiri (WM) Banjarnegara, doi pilih besutan bergaya Yamaha YZF 250 tahun 2010. Cirinya, bodi sudah bergaya era modern. Dari serinya sendiri YZF merupakan seri untuk engine 4-tak. Sedangkan untuk jenis 2-tak masih memakai seri YZ saja. Namun, racikan yang diaplikasi modifikator gaul disapa Heri ini lebih ringkas. Karena menyesuaikan belulang Yamaha seri RX yang terkenal memliki sasis sederhana.

Untuk menyesuaikan bodi, modifikator satu putri ini membuat sasis baru agar mudah merangkai bodi original YZF 250. Contohnya pada bagian deltabox, tampilan deltabox ini bukan hanya pajangan semata. Namun fungsional karena digunakan sebagai dudukan tangki. “Materialnya menggunakan pelat 3 mm yang dipola seperti deltabox bawaan YZF. Tentu saja ada penyesuaian, seperti dudukan mesin belakang yang ikut berubah. Sedangkan untuk bagian depan, saya bikin dobel down tube dari pipa bulat untuk menyesuaikan leher knalpot,” jelas modifikator dari Jl. Raya Pejawaran, Km. 1, Pejawaran, Banjarnegara, Jawa Tengah ini.

Untuk sasis bagian bawah mesin, Heri memakai sistem knock down. Sehingga, lebih mudah untuk urusan maintenance seperti overhaul. Modalnya sederhana, rangkaian sasis di bawah mesin diracik menggunakan baut ukuran 12 mm.

Lewat cara ini, mudah untuk turun mesin dan urusan servis. Begitu pula dengan sub frame belakang. Bagian ini juga dibuat model knock down. Ringkas karena sasis buritan hanya sebagai dudukan jok sekaligus panel bodi. Pada dasarnya, Heri lebih fokus pada urusan berat motor. Makin enteng semplakan tentu lebih mudah saat dikendarai. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: IRC 90/90-21

Ban belakang

: Comet 100/100-18

Pelek

: TK

Setang

: SSR

WM : 0821-3327-2747

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular