Bikin Kartu Izin Start Bisa Lewat Email Kok! Persingkat Waktu Penerbitan KIS

Motorplus - Kamis, 6 Maret 2014 | 17:50 WIB

Bisa manfaatkan gadget

Persoalan Kartu Izin Start (KIS) di lingkungan balap seringkali menjadi permasalahan. Kalau ada pengertian antara Pengda IMI dan pembalap, sebenarnya KIS tidak perlu menjadi masalah.

Mulai tahun ini PP IMI kembali menekankan untuk mempermudah permohonan baru dan perpanjangan KIS. "Sejak Raker tahun lalu, PP IMI menekankan agar setiap Pengprov IMI memiliki rekening atas nama Pengprov IMI," buka Billy Marbun, Kepala Bidang Organisasi PP IMI.

Tujuannya, selain mempermudah bantuan dari PP IMI ke pengprov, juga memudahkan para pemohon KIS. "Nggak perlu lagi untuk biaya permohonan atau perpanjangan KIS menitipkan dana kepada pengurus Pengprov IMI di suatu event," tambah-nya.

Billy melanjutkan, sekarang permohonan dan perpanjangan KIS bisa dilakukan langsung melalui transfer ke rekening Pengprov IMI. Selanjutnya berkas permohonan dan perpanjangan bisa dilakukan melalui email pengprov. 

Salah satu syarat permohonan KIS harus memiliki Kartu Anggota (KTA). Yang berhak mengeluarkan KTA adalah PP IMI. Maka berkas yang dikirim ke Pengprov IMI dan dilanjutkan ke PP IMI melalui email, sekaligus untuk mendapatkan KTA. Lewat email prosesnya akan lebih cepat. 

Salah satu Pengprov IMI yang sudah memanfaatkan teknologi email Pengprov IMI Jawa Barat. "Bukti transfer bisa dikirim melalui email. Lalu, Pengprov akan memberikan resi sementara pemohon melalui email sebagai bukti permohonan KIS. Bukti yang diemail bisa dipakai sementara untuk balap sampai masa berlakunya resi. Sedangkan resi aslinya akan dikirim ke alamat pemohon," tambah Rio Teguh Pribadi, Ketua Pengprov IMI Jawa Barat.

Tetapi tidak semua pembalap familiar dengan email. Untuk membantunya, Pengprov IMI Jabar membentuk Koordinator Wilayah (Korwil) yang berada di setiap kabupaten sebagai kepanjangan tangan Pengprov. Tetapi, fungsi Korwil hanya membantu dalam pengurusan berkas ke Pengprov IMI.

Berkas permohonan dan bukti transfer yang diserahkan melalui Korwil akan disetor ke Pengprov IMI Jabar. "Rencananya tahun depan akan diberlakukan secara online di seluruh wilayah Indonesia," tutup Billy. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular