MV Agusta New Brutale 800 Dragster Selaras Emosi dan Kebebasan!

Motorplus - Minggu, 9 Maret 2014 | 20:10 WIB

Desainnya gabungan konsep masa lalu, kini dan mendatang

Street fighter gaya baru, tenaga mencapai 125 daya kuda. Meski rada mirip West Jateng Style, tapi tentunya ini lebih sempurna. Lantaran bumbunya pakai bumbu pizza alias diracik di Italia!

Apa impresi pertama anda ketika melihat sosok MV Agusta Brutale 800 Dragster? Brutal, buas, agresif dan ekspresi akan sebuah karya seni? Yup, hal itulah yang berupaya ditampillkan MV Agusta pada produk baru mereka itu. Semua emosi dan kebebasan dimasukkan dalam tarikan setiap lekuk tubuh New Brutale 800 Dragster.

Terlalu berlebihan? Enggak dong! Mengingat sang majikan MV Agusta memang mengalokasikan penciptaan New Brutale 800 Dragster untuk tampil seperti itu. Seperti halnya ketika manufaktur asal Italia itu membuat pakem baru di produk mereka lainnya. Yaitu, Rivale dan F3 800.

Meski ketiganya punya basis mesin yang sama, tapi New Brutale 800 Dragster inilah yang dinilai lebih ganteng. Bukan berarti kalau pakai MV Agusta Brutale Rivale atau MV Agusta F3 800, ente enggak ganteng ya, sob! Tapi, ini pada masalah rasa. Lantaran ketiganya menyasar segmen berbeda. Lalu apa saja sih bagian yang menarik dari MV Agusta New Brutale 800 Dragster sehingga patut jadi pilihan bikers bergenre emosional dan agresif?

Hal paling pertama jadi sorotan adalah desain secara utuh. Bisa dibilang, motor ini mengaplikasi gaya street fighter yang enggak jauh beda dengan West Jateng Style (WJS). Sebut saja seperti buritan yang sengaja dibikin buntung. Kemudian dimensi kaki-kaki yang lebih berotot, pamer dimensi mesin hingga pamer otot rangka motor. Bisa dilihat ukuran ban yang lebih lebar pada bagian belakang.

Spidometer sudah full digital

Suspensi depan pakai upside down berdiameter 43 mm, dengan opsi full adjustment. Tingkat keempukannya bisa diseting, sob. Sementara ukuran ban yang digunakan lebarnya sudah aplikasi profil 200. Tidak heran jika MV Agusta mengklaim bahwa motor ini sangat nyaman dikendarai untuk tipe naked bike.

Tapi, jangan bicara tentang kerapian ya. Pastinya, motor modif WJS kalah sama yang ini, lantaran New Brutale 800 Dragster dikerjakan sentuhan manufaktur.

Kemudian hal kedua dan menjadi kekuatan New Brutale 800 Dragster adalah mesin 3 silindernya. Dengan kapasitas mesin seperti itu, MV Agusta mengklaim bahwa tenaganya mampu mencapai 125 hp. Cukup fantastis untuk motor bergenre telanjang. Ini wajar, lantaran mesin sama dengan F3 800.

Mesinnya sama dengan Brutale Rivale dan F3 800

Pacuan ini sudah aplikasi engine management system yang terintegrasi MVICS (Motor & Vehicle Integrated Control System) 3 injektor, MV berani jamin tak ada tenaga yang terbuang. Artinya, tarikan gas tak akan alami miss. Pun demikian konsumsi bahan bakar yang disesuaikan power motor.

Klaim handling motor juga membuat banyak orang penasaran. Tapi, MV Agusta hanya berikan jawaban bahwa konstruksi rangkanya sama dengan Brutale 675. Artinya, kombinasi dari rangka trellis dan lengan ayun tunggal, membuat handling jadi lebih baik.

Hal terakhir yang sangat menarik dari motor naked yang satu ini, adalah desain panel spidometer-nya sangat lengkap. Full digital, spidometer-nya bahkan bisa menampilkan beragam informasi selain data kecepatan. Diantaranya RPM, kecepatan, jarak tempuh, level kontrol traksi, mode berkendara, gear selected dan penghitung lap time.

Buntung ala motor Italia, mirip West Jateng Style

Fitur di spidometer ini mungkin terbilang berlebihan untuk tipe motor telanjang yang mungkin jadi inspirasi West Jateng Style ini. Tapi, disitulah nilai tawarnya.

Untuk memberikan pilihan yang lebih pada konsumen mereka, MV Agusta pun memberikan 2 pilihan warna. Yaitu, putih dan abu-abu metalik. Motor ini hanya diproduksi dalam 1 varian saja, artinya tidak ada pembedaan fitur apapun. Dan, dijual seharga 18.185 dollar Amerika alias Rp. 213,6 juta (kurs 1 dollar = Rp 11.750).

Tambah pajak? (www.motorplus-online.com)

DATA SPESIFIKASI

Tipe mesin: 3 Silinder, 4 stroke, 12 valve

Timing system: Double Over Head Camshaft (DOHC)
Kapasitas mesin murni : 798 cm
Rasio kompresi: 13.3:1

Bore x stroke : 79 mm x 54.3 mm (3.1 in. x 2.1 in.)

Power maksimal : 92 kW (125 hp) pada 11600 RPM
Torsi maksimal : 81 Nm (8.25 kgm) pada 8600 RPM
Sistem pendingin mesin : Berpendingin cairan dan oli

Engine control unit : Eldor EM2.0

Throttle body : Full drive by wire Mikuni
Kontrol torsi : Terbagi dalam 8 intervensi
Electronic quick-shift : MV EAS (Electronically Assisted Shift)
Kopling basah : Multi-disc dengan mechanical drive
Transmisi : 6 speed
Kecepatan maksimal : 245.0 km/jam (153.1 mph)
Suspensi depan : Marzocchi
Suspensi belakang : Sachs, single shock absorber
Rem depan : Brembo 4 piston, sistem floating disc
Rem belakang : Brembo 2 piston

Wheelbase : 1380 mm (54.30 in.)
Panjang total : 2060 mm (81.06 in.)
Tinggi total : 825 mm (32.46 in.)
Tinggi jok : 811 mm (31.91 in.)

Ground clearance : 149 mm (5.86 in.)
Berat bersih : 167 kg (368.2 lbs.)
Kapasitas tangki bbm : 16.6 liter (4.39 U.S. gal.)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular