Ganti Sepul dan Pulser Yamaha Nouvo Z, Cegah Mesin Nyendat Saat Panas

Motorplus - Rabu, 19 Maret 2014 | 10:21 WIB

Pulser atau spul lemah, gangu sistem pengapian

Boyo dibuat puyeng oleh ulah Yamaha Nouvo Z jebolan 2007 miliknya. Saat kondisi mesin panas, putaran mesin suka nyendat di putaran atas. Bolak-balik nanya mekanik, ada yang bilang itu akibat karet membran karbu mulai keras lah, koil mau mati dan sebagainya.

"Sudah coba ganti koil, membran karbu bahkan CDI, tapi penyakit tersebut tetap gak mau hengkang," curhat warga Jati Warna, Jakarta Timur ini. Namun ia tak putus asa, apalagi sampai gantung diri di pohon toge. Hingga akhirnya salah satu kenalannya yang punya speed shop di kawasan sentra onderdil motor Kebon Jeruk, Taman Sari, Jakarta Barat kasih masukan.

Tanggalkan kipas pendingin mesin pakai kunci T-8 mm

"Coba ganti pulsernya. Ada kemungkinan komponen tersebut mulai lemah kinerjanya. Tapi, mesti sekalian sama spulnya karena biasanya tidak dijual terpisah," saran Mieekel Tjahjanto, punggawa MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX No. 24F, Kota, Jakarta Barat.

Eh, benar saja Cuy! Begitu pulser dan spul diganti baru, kendala mesin nyendat di putaran atas langsung sirna sampai sekarang. "Tapi, mesti keluar kocek Rp 280 ribu buat nebus spul dan pulser orisinil," tukas Boyo.

Preteli pulser, lepas 2 baut pengikatnya pakai obeng kembang

Mengganti spul berikut pulsernya mudah kok. Nih, Em-Plus akan memperagakannya. Mula-mula tanggalkan dulu footstep sebelah kanan agar mudah melepas cover kipas mesin. Usai cover kipas pendingin mesin dicabut, dilanjutkan mencopot kipasnya yang nempel di magnet dengan mengendurkan 3 baut pengancingnya pakai kunci T-8 mm.

Bongkar magnet pakai tracker setelah lepas mur pengancingnya

Kelar itu, tanggalkan mur pengikat magnet pakai kunci ring atau sok 17 mm. Oh iya, untuk membuka mur ini, seharusnya putaran kruk as ditahan pakai alat khusus (tracker puli) yang dipasang di puli primer atau magnet. Tapi, kalau gak punya, bisa diakali dengan cara menyentak gagang kunci 17 mm tadi pakai palu. Begitu pula ketika mengencangkannya.

Usai mur pengikat magnet terlepas, masukkan tracker magnet pada dratnya yang ada di magnet dengan cara diputar berlawanan arah jarum jam. Tapi, kendurkan dulu as trackernya agar tidak tertahan pada as crank shaft. Jika sudah, putar searah jarum jam tracker magnet tadi sampai mentok. Lalu, sentak gagang tracker pakai palu hingga magnet lepas.

Buka spul lama, kendurkan 3 bautnya pakai kunci L-6

Bila magnet sudah dilepas, maka akan terlihat spul. Sebelum nyabut komponen ini dan spul, copot dulu soketnya yang nyambung ke kabel bodi. Letaknya di balik cover samping kanan di bawah jok. Baru deh lepas spul lewat lepas 3 baut pakai kunci L-6. Lalu, cabut pulsernya pakai obeng kembang. Ganti? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular